Analisis Siyasah Dusturiyah terhadap Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 660 Tahun 2021 tentang Pembatalan Keberangkatan Haji di Indonesia

Sajili, Ahmad Hasan (2022) Analisis Siyasah Dusturiyah terhadap Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 660 Tahun 2021 tentang Pembatalan Keberangkatan Haji di Indonesia. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (909kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (340kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy

Abstract

Latarbelakang pembatalan keberangkatan haji tahun 2021 yang diatur oleh Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 660 Tahun 2021 karena pandemi covid-19. Pembatalan ini menimbulkan dampak hukum, baik secara praktis maupun teoritis. Secara praktis, pembatalan tersebut berdampak pada penghentian pelaksanaan kewajiban keagamaan, sedangkan secara teoritis perubahan suatu hukum diperkirakan berhubungan dengan unsur-unsur yang melatarinya. Tujuan penelitian; (1). Untuk mengetahui latarbelakang penetapan Keputusan Menteri Agama tentang Pembatalan keberangkatan Haji. (2). Untuk mengetahui Urgensi Penetapan Keputusan Menteri Agama tentang Pembatalan Keberangkatan Haji. (3). Untuk mengetahui dan menganalisis tinjauan Siayasah Dusturiyah terhadap Keputusan Menteri Agama tentang Pembatalan Keberangkatan Haji. Dalam Penelitian ini menggunakan teori siyasah dusturiyah yaitu teori Pembentukan Hukum (taqnin al-ahkam), Penerapan Hukum (tathbiq al-ahkam), Perubahan Hukum, (taqhyir al-ahkam) serta menggunakan teori tambahan yang relevan dengan fokus pembahasan yaitu teori sistem Peraturan Perundang-undangan di Indonesia (hierarki). Metode dalam Penelitian ini menggunakan metode yuridis normatif yakni penelitian melalui pendekatan perundang-undangan, yaitu menelaah peraturan dan regulasi yang memiliki keterkaitan dengan pembatalan pembatalan keberangkatan haji. Sumber data dalam pemelitian ini merupakan data sekunder, yaitu Keputusan Menteri Agama Nomor 660 Tahun 2021 tentang Pembatalan Keberangkatan Haji. Hasil yang ditemukan dalam penelitian bahwa: (1). Latarbelakang penetapan Keputusan Menteri Agama tentang Pembatalan Keberangkatan Haji adalah situasi pandemi covid-19, sebagai ilat hukumnya. (2). Urgensitas Ketetapan Menteri Agama tentang Pembatalan Keberangkatan Haji adalah sebagai upaya menutup peluang timbulnya mudarat/keburukan yang lebih besar. (3). Berdasarkan teori perubahan hukum dalam kajian Siyasah Dusturiyah Keputusan Menteri Agama tentang Pembatalan Keberangkata Haji mengacu pada unsur pengubah Hukum yaitu unsur situasi (al-azminah) dan kondisi (al-ahwal).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Siyasah Dusturiyah; Keputusan Menteri Agama; Pembatalan Haji;
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Analysis, Theory of Functions
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Siyasah
Depositing User: Ahmad Hasan Sajili
Date Deposited: 13 Jan 2023 02:04
Last Modified: 13 Jan 2023 02:04
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/63269

Actions (login required)

View Item View Item