Pengaruh pendampingan orang tua terhadap perencanaan karir anak : Penelitian di MA Sirnamiskin Jl. KH. Wahid Hasyim Kopo Kecamatan Bojongloa Kidul Kota Bandung Jawa Barat

Yuniar, Salsa Maulina (2022) Pengaruh pendampingan orang tua terhadap perencanaan karir anak : Penelitian di MA Sirnamiskin Jl. KH. Wahid Hasyim Kopo Kecamatan Bojongloa Kidul Kota Bandung Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (327kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy

Abstract

Perencanaan karir terhadap siswa MA Sirnamiskin, dengan sampel kelas XII dipengaruhi oleh berbagai hal diantaranya faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal atau yang berasal dari dalam diri anak seperti minat, bakat, motivasi dan lain-lain. Sedangkan faktor eksternal yang berasal dari luar diri anak seperti pengaruh lingkungan rumah atau lingkungan keluarga. Pengaruh dari lingkungan luar menjadi fokus utama karena sangat mempengaruhi pembentukan kepribadian, keyakinan, dan sikap anak nantinya. Beberapa ahli telah mengemukakan bahwa lingkungan rumah terutama keluarga sangat menentukan keberhasilan akademik seseorang. Adapun permasalahannya di MA Sirnamiskin ini para orang tua kurang memahami pentingnya karir bagi anak, kurang dukungan/motivasi dari orang tua terhadap anaknya, minimnya informasi mengenai karir dan permasalahan ekonomi keluarga di masa pandemi seperti ini. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pendampingan orang tua terhadap perencanaan karir anak di MA Sirnamiskin. Dalam penelitian ini pendampingan orang tua sangatlah berpengaruh terhadap perencanaan karir, tidak hanya memberi nasehat, para orang tua juga harus membimbing anaknya. Pada saat ini masih banyak keluh kesah para anak dalam menentukan karirnya. Maka dari itu anak harus mendapatkan bimbingan maupun pendampingan dari orang tua dan guru BK di sekolahnya. Metodologi penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, Sampel yang diambil oleh peneliti sebanyak 40 responden dengan menggunakan teknik purposive random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket tertutup. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan pendampingan orang tua terhadap perencanaan karir anak yang diperoleh melalui uji regresi sederhana dengan output nilai korelasi (R) sebesar 0.901 dari output tersebut juga memperoleh nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0.812. yang berarti dari output uji regresi ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara variabel Pendampingan Orang Tua terhadap variabel Perencanaan karir anak sebesar 81.2%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pendampingan Orang Tua; Perencanaan Karir
Subjects: Culture and Institutions > Parenthood
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Salsa Maulina Yuniar
Date Deposited: 09 Jan 2023 00:35
Last Modified: 09 Jan 2023 00:35
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/63273

Actions (login required)

View Item View Item