Aktivitas Cyber Public Relations dalam penyebaran informasi melalui Podcast Juara (Jabarprov Bersuara) : Studi deskriptif pada Humas Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Barat

Agustine, Deva Adelya (2022) Aktivitas Cyber Public Relations dalam penyebaran informasi melalui Podcast Juara (Jabarprov Bersuara) : Studi deskriptif pada Humas Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (95kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA : Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Barat merupakan lembaga pemerintah yang bertugas memegang segala urusan komunikasi dan informasi di Jawa Barat. Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Barat dalam memenuhi kebutuhan informasi publik, terus melakukan upaya kegiatan cyber public relations yang baik salah satunya melalui program podcast Juara (Jabarprov Bersuara) yang dimiliki dengan membagikan informasi mengenai berbagai program kerja pemerintah Provinsi Jawa Barat, juga informasi valid yang dibutuhkan publik dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tahap kegiatan cyber public relations yang dilakukan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Barat melalui podcast Juara (Jabarprov Bersuara). Peneliti mendeskripsikan tahapan penyebaran informasi melalui podcast Juara (Jabarprov Bersuara) mulai dari share, optimize, manage, dan engage. Penelitian ini menggunakan model The Circular Model of SoMe for Social Communication oleh Regina Luttrell. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme melalui metode deskriptif kualitatif serta teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, dan dokumentasi yang dikumpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan Cyber Public Relations yang dilakukan humas Diskominfo Jabar dalam penyebaran informasi melalui podcast Juara melalui empat tahap. 1) tahap share (membagikan) informasi: humas Diskominfo Jabar meningkatkan partisipasi publik (participate), terhubung dengan publik (connect) dan membangun kepercayaan publik (build trust) melalui konten yang dibagikan, 2) tahap optimize (mengoptimalkan) pesan: humas Diskominfo Jabar memperhatikan karakteristik publik, menjadi bagian dari percakapan publik, 3) tahap manage (mengelola) informasi : humas Diskominfo Jabar melakukan media monitoring dalam penyebarluasan konten, memberikan respon cepat (quick responses), real-time interaction dengan publik, dan 4) tahap engage (melibatkan) publik: humas Diskominfo Jabar berafiliasi dengan Gubernur Jawa Barat, mengetahui keberadaan audiens dan mengadakan kegiatan bersama dengan publik. ENGLISH : The West Java Communication and Information Office is a government agency in charge of handling all communications and information matters in West Java. The West Java Communication and Informatics Service in meeting the needs of public information, continues to make good cyber public relations activities, one of which is through the podcast juara program (Jabarprov Bersuara) which is owned by sharing information about various work programs of the West Java Provincial government, as well as valid information needed public and accountable. This study aims to describe the stages of cyber public relations activities carried out by the West Java Communication and Information Office through the podcast juara (Jabarprov Bersuara). Researchers describe the stages of disseminating information through the podcast juara (Jabarprov Ber Suara) starting from share, optimize, manage, and engage. This research uses The Circular Model of SoMe for Social Communication by Regina Luttrell. This study uses the constructivism paradigm through descriptive qualitative methods and data collection techniques through in-depth interviews, and collected documentation. The results showed that the Cyber Public Relations activities carried out by theWest Java Diskominfo public relations in disseminating information through the podcast juara went through four stages. 1) information sharing stage: Public Relations Diskominfo Jabar increases public participation (participate), connects with the public (connects) and builds public trust (build trust) through shared content, 2) optimizes messages: Public Relations Diskominfo Jabar paying attention to the characteristics of the public, being part of the public conversation, 3) the stage of managing (managing) information: public relations Diskominfo Jabar conducts media monitoring in disseminating content, providing quick responses, real-time interaction with the public, and 4) the stage of engaging ( involving) the public: Public Relations Diskominfo Jabar is affiliated with the Governor of West Java, knows the whereabouts of the audience and holds joint activities with the public.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Penyebaran Informasi; Cyber Public Relations; Podcast Juara; Mengoptimalkan Pesan
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Communications Telemunications > Television Broadcasting
General Management > General Publications of Management
Education and Research of History
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Deva Adelya Agustine
Date Deposited: 21 Mar 2023 00:51
Last Modified: 21 Mar 2023 00:51
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/63323

Actions (login required)

View Item View Item