Muchlisia, Nabilah Tasya (2022) Penerapan model pembelajaran PDEODE (Predict, Discuss, Explain, Observe, Discuss, Explain) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (284kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (340kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (287kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (863kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (257kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (296kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran PDEODE dan pembelajaran konvensional. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran proses pembelajaran PDEODE, perbedaan peningkatan dan pencapaian antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, dan sikap siswa terhadap model pembelajaran PDEODE. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling, diperoleh sampel yaitu kelas VIII-A dan VIII-C. Pengambilan data menggunakan instrumen penelitian berupa tes yaitu soal komunikasi matematis dan non tes yaitu lembar observasi guru dan siswa serta angket sikap siswa. Setelah dilaksanakan penelitian, data kemudian dikaji dan dianalisis. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh: (1) Gambaran proses pembelajaran matematika yang menggunakan model pembelajaran PDEODE setiap pertemuannya mengalami peningkatan yang signifikan dalam melakukan setiap tahapan sehingga pembelajaran berlangsung dengan baik. (2) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan pembelajaran dengan model pembelajaran PDEODE dan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. (3) Pencapaian kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran PDEODE lebih baik dari pada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. (4) Sikap siswa terhadap pembelajaran matematika terkait model pembelajaran PDEODE dan terhadap tes yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis didapatkan bahwa siswa memberikan sikap yang positif.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PDEODE; Eksperimen; Komunikasi Matematis |
Subjects: | Mathematics Mathematics > Data Processing and Analysis of Mathematics Algebra |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nabilah Tasya Muchlisia |
Date Deposited: | 13 Jan 2023 04:42 |
Last Modified: | 13 Jan 2023 04:42 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/63437 |
Actions (login required)
View Item |