Penerapan model pembelajaran PDEODE (Predict, Discuss, Explain, Observe, Discuss, Explain) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa

Muchlisia, Nabilah Tasya (2022) Penerapan model pembelajaran PDEODE (Predict, Discuss, Explain, Observe, Discuss, Explain) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (863kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran PDEODE dan pembelajaran konvensional. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran proses pembelajaran PDEODE, perbedaan peningkatan dan pencapaian antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, dan sikap siswa terhadap model pembelajaran PDEODE. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling, diperoleh sampel yaitu kelas VIII-A dan VIII-C. Pengambilan data menggunakan instrumen penelitian berupa tes yaitu soal komunikasi matematis dan non tes yaitu lembar observasi guru dan siswa serta angket sikap siswa. Setelah dilaksanakan penelitian, data kemudian dikaji dan dianalisis. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh: (1) Gambaran proses pembelajaran matematika yang menggunakan model pembelajaran PDEODE setiap pertemuannya mengalami peningkatan yang signifikan dalam melakukan setiap tahapan sehingga pembelajaran berlangsung dengan baik. (2) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan pembelajaran dengan model pembelajaran PDEODE dan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. (3) Pencapaian kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran PDEODE lebih baik dari pada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. (4) Sikap siswa terhadap pembelajaran matematika terkait model pembelajaran PDEODE dan terhadap tes yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis didapatkan bahwa siswa memberikan sikap yang positif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: PDEODE; Eksperimen; Komunikasi Matematis
Subjects: Mathematics
Mathematics > Data Processing and Analysis of Mathematics
Algebra
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Nabilah Tasya Muchlisia
Date Deposited: 13 Jan 2023 04:42
Last Modified: 13 Jan 2023 04:42
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/63437

Actions (login required)

View Item View Item