Penentuan solusi optimal masalah penugasan menggunakan metode yang berbasis reduksi baris dan kolom

Pratama, Fitra Hanif (2022) Penentuan solusi optimal masalah penugasan menggunakan metode yang berbasis reduksi baris dan kolom. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (192kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (561kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas tentang penerapan Algoritma Stephen, Maximum Average With Minimum Cost Method (MAMCM) dan Metode Rafi Aziz Uddin Bhuiyan(RAUB) dalam penyelesaian masalah penugasan untuk kasus minimasi (seimbang dan tak seimbang) dan kasus maksimasi (seimbang dan tak seimbang), kemudian membandingkan ketiga metode tersebut untuk menentukan metode yang terbaik dalam penyelesaian masalah penugasan. Langkah pertama dari Algoritma Stephen mengurangkan elemen setiap kolom dengan elemen terkecil setiap kolomnya, setelah itu menentukan penalti baris dan kolom untuk pemilihan penalti terbesar dan elemen yang akan ditugaskan, kemudian melakukan reduksi baris dan kolom.Langkah pertama dari MAMCM menentukan nilai rata – rata setiap baris dan kolom, setelah itu identifikasi nilai rata – rata terbesar dan pilih elemen yang akan ditugaskan, kemudian melakukan reduksi baris dan kolom. Sedangkan langkah pertama dari Metode RAUB menetapkan nilai terkecil untuk kasus minimasi dan menetapkan nilai terbesar untuk kasus maksimasi, kemudian melakukan reduksi baris dan kolom. Penyelesaian masalah penugasan pada studi kasus I minimasi, ketiga metode tersebut sama – sama menghasilkan solusi optimal 105 menit dengan iterasi sebanyak 4 kali. Pada studi kasus II minimasi, metode yang paling optimal Algoritma Stephen menghasilkan solusi optimal 881 juta naira dengan iterasi sebanyak 5 kali, MAMCM menghasilkan solusi optimal 1100 juta naira dengan iterasi sebanyak 5 kali dan metode RAUB menghasilkan solusi optimal 954 juta naira dengan iterasi sebanyak 5 kali. Pada studi kasus III maksimasi, metode yang paling optimal Algoritma Stephen menghasilkan solusi optimal 647 pakaian dengan iterasi 6 kali, MAMCM dan metode RAUB sama – sama menghasilkan solusioptimal 640 pakaian dengan iterasi sebanyak 6 kali. Sedangkan pada studi kasus IV maksimasi, metode yang paling optimal Algoritma Stephen menghasilkan solusi optimal 426,3 dollar dengan iterasi sebanyak 4 kali, MAMCM dan metode RAUB sama – sama menghasilkan solusi optimal 419,1 dollar dengan iterasi sebanyak 4 kali. Berdasarkan analisis yang dilakukan, Algoritma Stephen menghasilkan solusi optimal yang lebih baik dibandingkan MAMCM dan Metode RAUB walaupundengan jumlah iterasi yang sama. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penyelesaian masalah penugasan dapat diselesaikan dengan lebih baik menggunakan Algoritma Stephen daripada MAMCM dan Metode RAUB.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Riset Operasi; Program Linear; Masalah Penugasan; Algoritma Stephen; Maximum Average with Minimum Cost Method (MAMCM); Metode Rafi Aziz Uddin Bhuiyan (RAUB)
Subjects: Applied mathematics
Applied mathematics > Mathematical Optimization
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Matematika
Depositing User: Fitra Hanif Pratama
Date Deposited: 11 Jan 2023 00:50
Last Modified: 11 Jan 2023 00:50
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/63439

Actions (login required)

View Item View Item