Pengaruh kontribusi pajak restoran terhadap pendapatan asli daerah pada pemerintahan daerah Kota Bandung tahun 2017-2020

Ramayanti, Neneng Ayu (2022) Pengaruh kontribusi pajak restoran terhadap pendapatan asli daerah pada pemerintahan daerah Kota Bandung tahun 2017-2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (196kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 Pajak Restoran adalah pajak atas pelayanan yang diberikan oleh pihak restoran, sedangkan restoran itu sendiri adalah fasilitas penyedia makanan ataupun minuman dengan dipungut bayaran yang mencakup juga rumah makan, cafeteria, kantin, warung, bar dan sejenisnya termasuk jasa boga ataupun catering. Kontribusi pajak restoran sebagai pajak daearah, seharusnya bisa memberikan sumbangan dalam panerimaan Pendapatan Asli Daerah, karna apabila semakin tinggi hasilnya maka semakin tinggi pula peranan pajak daerah terhadap Pendapatan Asli Daerah, begitupun sebaliknya. Tapi pada kenyataanya, panerimaan pajak restoran belum mampu memberikan sumbangan yang cukup besar terhadap Pendapatan Asli Daerah, sehingga Pendapatan Asli Daerah yang didapat dari tahun 2017-2020 belum mencapai target yang telah ditentukan. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya, karena kepatuhan dan juga kesadaran wajib pajak yang relatif rendah, lemahnya sistem hukum dan administrasi pendapatan daerah, dan yang terakhir meskipun pendapatan daerah itu cukup beragam, namun hanya sedikit yang bisa diandalkan sebagai sumber panerimaan. Tujuan dari penelitian ini yaitu agar dapat mengetahui “pengaruh Kontribusi Pajak Restoran Terhadap Pendapatan Asli Daerah Pada Pemerintahan Daerah Kota Bandung Tahun 2017-2020”.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Untuk populasi dalam penelitian yaitu data pendapatan asli daerah dan pajak restoran Kota Bandung. Sedangkan sampel yang dipakai yaitu laporan paneriman pendapatan asli daerah dan pajak restoran Kota Bandung tahun anggaran 2017-2020. Data yang dianalisis dalam penelitian ini diolah dari laporan realisasi pendapatan daerah Kota Bandung tahun 2017-2020. Data yang telah diolah terlebih dahulu dilakukan pengujian asumsi klasik dengan tahap uji normalitas, uji korelasi person, regresi linear sederhana, dan uji koefisien determinasi lanjut dengan pengujian hipotesis. Hasil dari pengujian ini menunjukan bahwa secara parsial ternyata variabel kontribusi pajak restoran tidak berpengaruh signifikan terhadap pendapatan asli daerah karna nilai thitung lebih kecil dari pada ttabel 0,537 < 4,303 sesuai dengan kriteria pengujian hipotesis maka Ho diterima dan Ha ditolak, artinya kontribusi pajak restoran tidak berpengaruh siginifikan terhadap pendapatan asli daerah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kontribusi; Pajak Restoran; Pendapatan Asli Daerah
Subjects: Accounting > Tax Accounting
Accounting > Public Accounting
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Neneng Ayu Ramayanti
Date Deposited: 11 Jan 2023 03:13
Last Modified: 11 Jan 2023 03:13
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/63476

Actions (login required)

View Item View Item