Nilai keutamaan menuntut ilmu dalam perspektif hadis

Sadiah, Siti (2019) Nilai keutamaan menuntut ilmu dalam perspektif hadis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (1_cover)
1_cover.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text (2_abstrak)
2_abstrak.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (3_daftarisi)
3_daftarisi.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (4_bab1)
4_bab1.pdf

Download (398kB) | Preview
[img] Text (5_bab2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB) | Request a copy
[img] Text (6_bab3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB) | Request a copy
[img] Text (7_bab4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy
[img] Text (8_daftarpustaka)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian pada skripsi ini membahas tentang hadis-hadis yang berkenaan dengan menuntut ilmu dalam islam. Terdapat beberapa nilai-nilai keutamaan menuntut ilmu dalam islam salah satunya yaitu nilai-nilai tentang etika, perilaku, dan adab. Hadis-hadis yang dicantumkan dalam penelitian ini ada dalam kitab Kutubu Tis’ah yang berkenaan dengan nilai keutamaan menuntut ilmu. Degradasi moral pada masa kini begitu kentara, nilai keutamaan dalam menuntut ilmu ini menjadi sorotan banyak kalangan terlebih lagi pada kalangan akademis. Kurangnya kesungguhan dan kesadaran menuntut ilmu dapat menyebabkan rusaknya moral, tidak punya adab dan berperilaku tidak sopan. Kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya menuntut ilmu, menjadi salah satu penyebab munculnya degradasi moral. Menuntut ilmu tidak hanya di sekolah formal saja, akan tetapi non formal juga bagian dari proses pembelajaran, dan faktor lingkungan juga memberikan pengaruh pada proses perkembangan. Bobroknya etika pada jaman sekarang menjadi suatu kekhawatiran bangsa ini, pendidikan ilmu menjadi persoalan yang tengah di hadapi masyarakat terutama orang tua. Oleh Sebab itu, menuntut ilmu dengan memberi pemahaman tentang hadis sangat penting bagi setiap umat manusia agar menjadikan generasi yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konten hadis menjabarkan tentang keutamaan menuntut ilmu dan mengetahui kandungan hadis-hadis dhaif, shahih, dan hasan yang terdapat dalam Kutubu Tis’ah berkenaan dengan keutamaan menuntut ilmu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang mengkaji studi kepustakaan, tentang nilai-nilai keutamaan menuntut ilmu, dan penelitian hadis dengan menggunakan metode syarah maudhu’i, sumber primer yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kutubu Tis’ah. Sumber sekunder yang digunakan dalam penelitian ini adalah buku-buku tentang keutamaan menuntut ilmu, artikel, aplikasi, dan sumber penunjang lainnya. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa menuntut ilmu merupakan kunci semua kebaikan. Ilmu maerupakan sarana untuk menunaikan apa yang Allah wajibkan, nilai-nilai hadis keutamaan menuntut ilmu tercantum dalam Kutubu Tis’ah diantaranya adalah: a) dimudahkan jalan menuju surga, b) dicukupkan kebutuhannya, c) mendapat pahala d) Menuntut ilmu adalah kewajiban bagi setiap muslim, e) luruskan niat karena Allah, f) jihad di jalan Allah sampai dia Kembali, dan g) menghapus dosa-dosanya yang telah lalu. Dengan menuntut ilmu dan memahaminya arti dari kandungan hadis-hadis merupakan kontribusi dari mencegahnya degradasi moral. Seperti pepatah mengatakan ilmu tanpa adab seperti api tanpa kayu bakar, dan adab tanpa ilmu seperti jasad tanpa ruh.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: keutamaan menuntut ilmu; hadis menuntut ilmu;
Subjects: Islam > Hadith
Islam > Dirayah Science of Authenticity of Hadith
Al-Hadits dan yang Berkaitan > Ilmu Hadits
Al-Hadits dan yang Berkaitan > Sejarah Pengumpulan, Penulisan dan Pembukuan Hadits
Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Aspek Ibadah Lainnya
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Hadits
Depositing User: siti sadiah
Date Deposited: 12 Jan 2023 04:42
Last Modified: 12 Jan 2023 04:42
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/63478

Actions (login required)

View Item View Item