Nursabrina, Dhita Fuspita (2022) Penggunaan media video animasi untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa : Penelitian tindakan kelas pada mata pelajaran IPA materi alat pernapasan manusia dan hewan serta fungsinya dan cara memelihara kesehatan alat pernapasan manusia di kelas V MI Nurul Huda Baleendah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (308kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (307kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (362kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (673kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (516kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (302kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (213kB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan hasil dari studi pendahuluan yang dilaksanakan di MI Nurul Huda Baleendah yaitu adanya hasil pemahaman konsep beberapa siswa pada mata pelajaran IPA yang rendah, dan hasil pengetahuan siswa pada mata pelajaran IPA masih rendah. Pada siswa kelas V dari 43 siswa terdapat 31 siswa yang tidak mencapai KKM yakni 73% dan 12 siswa yang mendapat skor ≥ KKM yakni sebesar 27%. Tujuan dari adanya penelitian ini ialah 1) mendeskripsikan pemahaman konsep siswa kelas V pada mata pelajaran IPA sebelum menggunakan media video animasi, 2) mendeskripsikan pemahaman konsep siswa kelas V pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan media video animasi pada setiap siklus, serta 3) mendeskripsikan pemahaman konsep siswa kelas V pada mata pelajaran IPA setelah adanya penggunaa media video animasi. Metode penelitian ini merupakan metode penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan sebanyak 3 siklus dengan menggunakan model desain yang dikemukakan oleh Kemmis dan Mc Taggart dengan setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan ialah, perencanaan (plan), tindakan (action), pengamatan (observe), dan refleksi (reflect). Penelitian ini dilakukan pada kelas V MI Nurul Huda yang terdiri dari 43 siswa. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik observasi, tes uraian, serta dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa : 1) pemahaman konsep siswa pada prasiklus menunjukkan hasil pemahaman yang masih rendah dengan skor rata-rata siswa sebesar 62,51 (cukup) dan hanya terdapat 12 siswa yang melampaui nilai KKM yaitu 75 sebesar 27% (kurang baik), sedangkan masih ada 31 siswa belum mencapai nilai KKM dengan presentase 73%. 2) penggunaan media video animasi untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran IPA terlaksana dengan baik. Hasil observasi aktivitas guru siklus I mendapat 76% (baik), sedangkan hasil observasi aktivitas siswa mendapat 59% (cukup). Pada siklus II presentase aktivitas guru sebesar 90% (baik sekali), sedangkan aktivitas siswa sebesar 60% (cukup). Pada siklus III presentase aktivitas guru sebesar 91% (baik sekali), sedangkan aktivitas siswa sebsar 84% (baik). 3) adanya peningkatan pemahaman konsep siswa dari setiap siklus yaitu terjadi peningkatan dari 62,51 (cukup) pada prasiklus, kemudian meningkat menjadi 63,84 (cukup) pada siklus I. Pada siklus II rata-rata pemahaman konsep siswa meningkat menjadi 81,62 (baik) dan pada siklus III meningkat kembali menjadi 85,35 (baik).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman Konsep Siswa; IPA; Media Pembelajaran; Video Animasi |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Elementary Education > Elementary School Natural Science General Management |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Dhita Fuspita Nursabrina |
Date Deposited: | 07 Feb 2023 05:37 |
Last Modified: | 07 Feb 2023 05:37 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/63538 |
Actions (login required)
View Item |