Penggunaan media video animasi untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa : Penelitian tindakan kelas pada mata pelajaran IPA materi alat pernapasan manusia dan hewan serta fungsinya dan cara memelihara kesehatan alat pernapasan manusia di kelas V MI Nurul Huda Baleendah

Nursabrina, Dhita Fuspita (2022) Penggunaan media video animasi untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa : Penelitian tindakan kelas pada mata pelajaran IPA materi alat pernapasan manusia dan hewan serta fungsinya dan cara memelihara kesehatan alat pernapasan manusia di kelas V MI Nurul Huda Baleendah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (362kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (673kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil dari studi pendahuluan yang dilaksanakan di MI Nurul Huda Baleendah yaitu adanya hasil pemahaman konsep beberapa siswa pada mata pelajaran IPA yang rendah, dan hasil pengetahuan siswa pada mata pelajaran IPA masih rendah. Pada siswa kelas V dari 43 siswa terdapat 31 siswa yang tidak mencapai KKM yakni 73% dan 12 siswa yang mendapat skor ≥ KKM yakni sebesar 27%. Tujuan dari adanya penelitian ini ialah 1) mendeskripsikan pemahaman konsep siswa kelas V pada mata pelajaran IPA sebelum menggunakan media video animasi, 2) mendeskripsikan pemahaman konsep siswa kelas V pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan media video animasi pada setiap siklus, serta 3) mendeskripsikan pemahaman konsep siswa kelas V pada mata pelajaran IPA setelah adanya penggunaa media video animasi. Metode penelitian ini merupakan metode penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan sebanyak 3 siklus dengan menggunakan model desain yang dikemukakan oleh Kemmis dan Mc Taggart dengan setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan ialah, perencanaan (plan), tindakan (action), pengamatan (observe), dan refleksi (reflect). Penelitian ini dilakukan pada kelas V MI Nurul Huda yang terdiri dari 43 siswa. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik observasi, tes uraian, serta dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa : 1) pemahaman konsep siswa pada prasiklus menunjukkan hasil pemahaman yang masih rendah dengan skor rata-rata siswa sebesar 62,51 (cukup) dan hanya terdapat 12 siswa yang melampaui nilai KKM yaitu 75 sebesar 27% (kurang baik), sedangkan masih ada 31 siswa belum mencapai nilai KKM dengan presentase 73%. 2) penggunaan media video animasi untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran IPA terlaksana dengan baik. Hasil observasi aktivitas guru siklus I mendapat 76% (baik), sedangkan hasil observasi aktivitas siswa mendapat 59% (cukup). Pada siklus II presentase aktivitas guru sebesar 90% (baik sekali), sedangkan aktivitas siswa sebesar 60% (cukup). Pada siklus III presentase aktivitas guru sebesar 91% (baik sekali), sedangkan aktivitas siswa sebsar 84% (baik). 3) adanya peningkatan pemahaman konsep siswa dari setiap siklus yaitu terjadi peningkatan dari 62,51 (cukup) pada prasiklus, kemudian meningkat menjadi 63,84 (cukup) pada siklus I. Pada siklus II rata-rata pemahaman konsep siswa meningkat menjadi 81,62 (baik) dan pada siklus III meningkat kembali menjadi 85,35 (baik).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep Siswa; IPA; Media Pembelajaran; Video Animasi
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Elementary Education > Elementary School
Natural Science
General Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dhita Fuspita Nursabrina
Date Deposited: 07 Feb 2023 05:37
Last Modified: 07 Feb 2023 05:37
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/63538

Actions (login required)

View Item View Item