Juliani, Regita mega (2022) Persepsi siswa dan tantangan yang dialami dalam pembelajaran bahasa arab kelas IV di MI Nurul Huda Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (65kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (221kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (242kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (653kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (243kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (226kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (232kB) | Request a copy |
Abstract
Skripsi ini merupakan hasil penelitian tentang persepsi siswa dan tantangan yang dialami dalam pembelajaran bahasa arab. Adapun latar belakang penelitian ini adalah kurangnya kemampuan siswa dalam menguasai materi serta menghafal kosakata terhadap pembelajaran bahasa arab di kelas IV MI Nurul Huda Kota Bandung. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui persepsi siswa terhadap mata pelajaran bahasa arab di MI Nurul Huda Kota Bandung dan mengetahui tantangan apa saja yang dialami oleh siswa terhadap mata pelajaran bahasa arab di MI Kota Bandung Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian dilaksanakan di MI Nurul Huda Kota Bandung. Sumber data yang digunakan ialah 1 orang Guru dan 27 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknis analisis datanya menggunakan model analisis Miles dan Huberman dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahawa persepsi siswa terhadap pembelajaran bahasa arab diantaranya ada yang menyukai terhadap pembelajaran bahasa arab dan ada juga yang tidak menyukai. Yang tidak menyukai pembelajaran bahasa arab adalah pembelajaran bahasa arab itu sulit dalam membaca, menulis maupun materinya, tidak menyenangkan, sulit dipahami, hafalan yang banyak, tidak menarik, serta guru menjelaskan materi terlalu cepat. Sedangkan menurut persepsi siswa yang menyukai terhadap pembelajaran bahasa arab adalah mudah dipahami, pertanyaannya tidak sulit, pembelajaran bahasa arab itu tergantung materinya jika materinya mudah menjadi suka dan jika materinya sulit menjadi tidak suka, pembelajaran bahasa arab seru ketika menerjemahkan, seru ketika membahas materi karena dikaitkan dengan lingkungan sekitar yang sering ditemukan dikehidupan sehari-hari. Tantangan yang dialami siswa terhadap pembelajaran bahasa arab adalah ketika membaca tulisan bahasa arab, menulis bahasa arab, menerjemahkan, hafalan mufradat (kosa kata) yang banyak, pengucapannya susah, kesulitan memahami materi, kurang waktu belajar, dan yang menjadi tantangan ketika tes hafalan mufradat (kosa kata) di depan kelas serta pertanyaan-pertanyaannya yang sulit dipahami ketika latihan soal.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi siswa;Tantangan; Pembelajaran Bahasa Arab. |
Subjects: | Arabic Elementary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | REGITA MEGA JULIANI |
Date Deposited: | 12 Jan 2023 23:32 |
Last Modified: | 12 Jan 2023 23:32 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/63561 |
Actions (login required)
View Item |