Pengelolaan media sosial Youtube Kementerian Sekretariat Negara RI sebagai media informasi dan publikasi : Studi deskriptif pada Biro Humas Kementerian Sekretariat Negara

Robiana, Raden Daffa Naridza (2022) Pengelolaan media sosial Youtube Kementerian Sekretariat Negara RI sebagai media informasi dan publikasi : Studi deskriptif pada Biro Humas Kementerian Sekretariat Negara. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (671kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA: Kementerian Sekretariat Negara merupakan Lembaga Pemerintah Pusat dengan tugas memberikan dukungan teknis, administrasi, dan analisis kepada Presiden dan Wakil Presiden dalam menyelenggarakan kekuasaan negara yang memanfaatkan YouTube sebagai sarana Media Informasi dan Publikasi bagi Presiden, Wakil Presiden, Menteri Sekretaris Negara dan Kementerian Sekretariat Negara untuk menjadi sarana dalam meraih publisitas dan amanat UU No. 14 Tahun 2008 Pasal 7 untuk membangun dan mengembangkan sistem informasi dan dokumentasi dalam mengelola informasi publik secara baik dan efisien sehingga layanan informasi dapat memberikan akses dengan mudah. Tingginya pengguna media sosial merubah perilaku publik dalam mendapatkan informasi. Penggunaan media sosial menjadi cara dalam pengelolaan informasi yang dipilih saat ini untuk memberikan informasi kepada publik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan dari aktivitas Pengelolaan Media Sosial YouTube Kementerian Sekretariat Negara RI pada tahapan Share, Optimize, Manage dan Engage sebagai Media Publikasi dan Informasi. Konsep dalam penelitian ini menggunakan pada penerapan model The Circular Model of SoMe for Social Communication dengan paradigma konstruktivistik dan pendekatan kualitatif yang berbentuk interpretatif. Metode penelitian secara deskriptif yang didukung dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi secara langsung. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa Pengelolaan Media Sosial YouTube Kementerian Sekretariat Negara RI Sebagai Media Informasi dan Publikasi dengan penjelasan pada empat tahapan yaitu (1) Share dengan berpartisipasi menggunakan YouTube, membagikan dan menyampaikan informasi serta membangun kepercayaan publik terhadap pesan. (2) Optimize dengan mendengarkan apa yang dikatakan oleh publik sebagai evaluasi dan mengoptimalkan kebutuhan publik akan informasi mengenai lembaga. (3) Manage dengan melakukan social media monitoring YouTube dan siaran langsung untuk berinteraksi dengan publik namun tidak melakukan pembalasan komentar. (4) Engage dengan membangkitkan ketertarikan publik seraya menggunakan Influencer yang berpengaruh kepada publik yang terdiri atas internal dan eksternal serta menjangkau dan mengenalkan kanal YouTube dengan memberikan tautan dan Teaser. ENGLISH: The Ministry of State Secretariat is a Central Government Institution with the task of providing technical, administrative and analytical support to the President and Vice President in carrying out State power that utilizes YouTube as a means of Media Information and Publication for the President, Vice President, Minister of State Secretary and Ministry of State Secretariat to become means of gaining publicity and the mandate of Law no. 14 of 2008 Article 7 to build and develop information and documentation systems in managing public information properly and efficiently so that information services can provide easy access. The high number of social media users has changed public behavior in obtaining information. The use of social media is a way of managing nowadays selected information to provide information to the public. This study aims to determine the implementation of Kementerian Sekretariat Negara RI YouTube Social Media Management activities at the Share, Optimize, Manage and Engage stages as Publication and Information Media. The concept in this study uses the application of The Circular Model of SoMe for Social Communication with a constructivist paradigm and a qualitative approach in the form of interpretive. The research method is descriptive which is supported by data collection through observation, interviews, and documentation. The results of this study indicate that the Ministry of State Secretariat of the Republic of Indonesia's YouTube Social Media Management as an Information and Publication Media with an explanation of four stages, namely (1) Share by participating using YouTube, sharing and conveying information and building public trust in messages. (2) Optimize by listening to what is said by the public as an evaluation and optimizing the public's need for information about institutions. (3) Manage by conducting social media monitoring YouTube and live broadcasts to interact with the public but not replying to comments. (4) Engage by generating public interest while using influential Influencers to the public consisting of internal and external as well as reaching out and introducing the YouTube channel by providing links and teasers.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan; Publikasi Informasi; Media Sosial; YouTube
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
General Management > Information Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Raden Daffa Naridza Robiana
Date Deposited: 16 Jan 2023 05:34
Last Modified: 16 Jan 2023 05:34
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/63642

Actions (login required)

View Item View Item