Teknik Self Management dalam mengatasi insomnia pada mahasiswa tingkat akhir : Penelitian di jurusan PIAUD, Fakultas Tarbiah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Bintan, Elwista Fadliya (2022) Teknik Self Management dalam mengatasi insomnia pada mahasiswa tingkat akhir : Penelitian di jurusan PIAUD, Fakultas Tarbiah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini didasarkan karena adanya mahasiswa tingkat akhir yang mulai mengalami gangguan tidur di malam hari atau insomnia karena banyaknya tugas dan tuntutan yang diberikan sehingga para mahasiswa merasa tertekan dan stress yang berdampak pada pola tidurnya. Oleh karena itu, dilakukan penerapan teknik konseling self management kepada mahasiswa tingkat akhir yang bertujuan untuk mengelola diri, pikiran, perasaan, dan waktu dalam menghadapi semua masalah dan tugas yang ada Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui gejala insomnia yang dialami oleh mahasiswa tingkat akhir jurusan PIAUD di UIN Sunan Gunung Djati Bandung. 2) Untuk mengetahui penyebab terjadinya insomnia pada mahasiswa tingkat akhir jurusan PIAUD di UIN Sunan Gunung Djati Bandung. 3) Untuk mengetahui teknik self management dalam mengatasi insomnia pada mahasiswa tingkat akhir jurusan PIAUD di UIN Sunan Gunung Djati Bandung.Penelitian ini berlandaskan pada teori konseling self management yang merupakan salah satu model dalam cognitive behavior therapy. Teori ini digunakan agar individu bisa mengubah pikirannya yang tidak tepat dan mengubah perilakunya. Selain itu, teori ini digunakan agar indvidu bisa lebih pandai dan berhati-hati dalam menempatkan diri mereka dalam situasi yang menghambat perilaku dan hendak mereka hilangkan, kemudian untuk belajar mencegah terjadinya perilaku dan masalah yang tidak diinginkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kualitatif deskriptif yang dimaksudkan untuk memberikan gambaran atau hasil penelitian tentang teknik self management dalam mengatasi insomnia pada mahasiswa tingkat akhir. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi proses penelitian. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa teknik self management dalam mengatasi insomnia pada mahasiswa tingkat akhir di jurusan PIAUD UIN Sunan Gunung Djati Bandung membawa perubahan positif pada kehidupan mahasiswa, karena dengan menerapkan teknik self management individu bisa menjadi lebih teratur dalam pengelolaan diri, pikiran, perasaan, dan juga waktu sehingga mereka bisa mengontrol hal-hal yang dapat mengganggu keberlangsungan hidup dan juga mengontrol terkait hal-hal yang dapat menyebabkan mereka mengalami gangguan tidur atau insomnia pada malam hari.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Self Management; insomnia; mahasiswa tingkat akhir.
Subjects: Philosopy and Psychology
Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Communications Telemunications
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Elwista Fadliya Bintan
Date Deposited: 27 Jan 2023 02:32
Last Modified: 27 Jan 2023 02:32
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/63659

Actions (login required)

View Item View Item