Penafsiran Teungku Muhammad Hasbi Ash-Shiddieqy terhadap ayat-ayat Al-Qur'an tentang menjaga lisan dalam Tafsir An-Nur

Firdaus, Zhilal Fajar (2022) Penafsiran Teungku Muhammad Hasbi Ash-Shiddieqy terhadap ayat-ayat Al-Qur'an tentang menjaga lisan dalam Tafsir An-Nur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (241kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengkaji pemikiran Teungku Muhammad Hasbi Ash- Shiddieqy tentang ayat- ayat dalam al-Qur’an terkait menjaga lisan dengan judul; “Penafsiran Teungku Muhammad Hasbi ash-Shiddieqy Terhadap ayat-ayat al-Qur’an tentang Menjaga Lisan Dalam Tafsir An-Nūr“. Pokok permasalahan dari penelitian ini adalah penafsiran ayat-ayat menjaga lisan menurut tafsir An-Nūr Karya Teungku Muhammad Hasbi ash-Shiddieqy serta relevansi penafsiran ayat-ayat menjaga lisan menurut Teungku Muhammad Hasbi ash-Shiddieqy dengan isu-isu kekerasan secara verbal saat ini di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penafsiran Teungku Muhammad Hasbi ash-Shiddieqy dalam tafsir An-Nūr dan mengetahui relevansi antara penafsiran ayat-ayat menjaga lisan menurut Teungku Muhammad Hasbi ash-Shiddieqy dengan isu-isu kekerasan secara verbal saat ini di Indonesia. Kasus-kasus pelecahan pada saat ini berkembang dalam bentuk yang baru. Seperti catcalling, bullying dan pelecahan di media sosial. Al-Qur’an menjadi kitab pedoman bagi kita hingga akhir jaman sudah tentu menjawab permasalah-permasalahan baru ini walau tidak akan dibahas secara langsung namun akar masalahnya yang akan tetap relevan dengan masalah saat ini. Hasil penelitian yang diperoleh ialah dalam berlisan hendaknya kita berhati-hati dan harus mengikuti aturan agama maupun masyarakat. Menurut Teungku Muhammad Hasbi ash-Shiddieqy menjaga lisan sangatlah penting karena penyakit-penyakit yang muncul dari lisan kita menyebabkan dosa yang besar dan terkadang kita menganggap remeh. Adapun isu-isu menjaga lisan yang terjadi saat ini ialah Catcalling, Bullying dan kejahatan verbal di media sosial. Isu-isu tersebut terjadi karena kurangnya kesadaran diri akan menjaga lisan. Dampaknya, banyak orang-orang yang tersakiti bahkan hingga bisa menimbulkan pertikaian antara kelompok. Menurut penulis, solusi yang dapat dipertimbangkan untuk mengurangi kekerasan verbal yang terjadi dengan meningkatkan kesadaran dan pengetahuan terkait pentingnya menjaga lisan. Kata Kunci: Lisan, Hasbi Ash-Shiddieqy.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Lisan;Hasbi Ash-Shiddieqy
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kumpulan Ayat-ayat dan Surat-surat Tertentu dalam Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Zhilal Fajar Firdaus
Date Deposited: 17 Jan 2023 01:19
Last Modified: 17 Jan 2023 01:19
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/63714

Actions (login required)

View Item View Item