Handayani, Wahyuni and Hasti Anggraeni, Mega Pengembangan media Computer Based Instruction (CBI) untuk meningkatkan pemahaman konsep pada Materi Listrik Dinamis. In: PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA IV 2013. Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Semarang. ISBN 978-602-97835-3-7
|
Text
Wahyuni Prosiding-seminar-nasional-fisika-iv-2013.pdf Download (350kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran fisika yang lebih terfokus pada perhitungan matematis menyebabkan kemampuan siswa dalam memahami suatu konsep lemah. Hal ini dapat diatasi dengan mengembangkan Computer Based Instruction (CBI) sebagai media pembelajaran yang sifatnya menuntun siswa untuk memahami suatu konsep. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektivitas media CBI yang dikembangkan dengan menerapkan langkah-langkah Creative Problem Solving (CPS), terhadap peningkatan pemahaman konsep siswa pada materi listrik dinamis. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Telah dilakukan uji coba terbatas pada siswa kelas X-E SMA Bina Muda Cicalengka Kabupaten Bandung dengan jumlah 43 siswa. Hasil penelitian memperlihatkan, pemahaman konsep siswa pada listrik dinamis setelah menggunakan media CBI mengalami peningkatan yang signifikan, hal ini ditunjukkan dengan hasil uji-t dengan taraf signifikasi 0,05 diperoleh hasil bahwa thitung<ttabel. Besarnya peningkatan pemahaman konsep dapat dilihat dari rata-rata N-Gain sebesar 0,50 yang berkategori sedang.
Item Type: | Book Section |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Computer Based Instruction; Creative Problem Solving; Pemahaman Konsep |
Subjects: | Education, Research |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Wahyuni Handayani |
Date Deposited: | 18 Jan 2023 03:03 |
Last Modified: | 18 Jan 2023 03:04 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/63749 |
Actions (login required)
View Item |