Pelaksanaan Peraturan Daerah nomor 13 tahun 2019 tentang Pajak Bumi Dan Bangunan di Desa Maja Selatan Kabupaten Majalengka perspektif Siyasah Maliyah

Sadintri, Wildan Mei (2022) Pelaksanaan Peraturan Daerah nomor 13 tahun 2019 tentang Pajak Bumi Dan Bangunan di Desa Maja Selatan Kabupaten Majalengka perspektif Siyasah Maliyah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_COVER.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_ABSTRAK.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_BAB 1.pdf

Download (471kB) | Preview
[img] Text
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB) | Request a copy
[img] Text
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB) | Request a copy
[img] Text
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (550kB) | Request a copy
[img] Text
8_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB) | Request a copy
[img] Text
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB) | Request a copy
[img] Text
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (786kB) | Request a copy

Abstract

Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) adalah salah satu pemasukan daerah yang cukup besar bagi keuangan daerah. Hal tersebut dihasilkan dari sebagian hak-hak individu tiap penduduk di suatu daerah. Oleh karena itu, pemanfaatannya harus sesuai dengan apa yang menjadi hajat atau kebutuhan masyarakat. Terutama dalam urusan pembangunan, masyarakat daerah sangat bergantung kepada ketapatan dan kebijaksanaan pemerintah daerah dalam mengalokasikan dana. Namun pada kenyataanya di lapangan, penulis menemukan adanya indikasi ketidaksesuaian dalam pemanfaatan dana PBB. Tujuan penelitian ini adalah: Pertama, untuk Mengetahui landasan hukum Pajak Bumi dan Bangunan dalam Hukum Tata Negara Islam dan Peraturan Perundang-Undangan yang berlaku di Indonesia. Kedua, untuk mengetahui pemanfaatan pendapatan Pajak Bumi dan Bangunan di Desa Maja Selatan Kecamatan Maja Kabupaten Majalengka. Ketiga, untuk mengetahui bagaimana politik hukum ekonomi Islam tentang pemanfaatan Pajak Bumi dan Bangunan untuk pemabngunan di Desa Maja Selatan menurut tinjauan siyasah Maliyah. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan teori implementasi kebijakan untuk meneliti pemanfaatan Pajak Bumi dan Bangunan di Desa Maja Selatan. Selain itu juga menggunakan teori hukum islam untuk mengetahui pemanfaatan Pajak Bumi dan Bangunan di Desa Maja Selatan dalam sisi atau sudut pandang islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif yaitu mendeskripsikan atau menggambarkan mengenai pelaksanaan serta pemanfaatan pajak bumi dan bangunan di Desa Maja Selatan Kecamatan Maja Kabupaten Majalengka dan menarik kesimpulan dari hasil analisis tentang pelaksanaan serta pemanfaat desa pajak bumi dan bangunan di Desa Maja Selatan Kecamatan Maja. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Penelitian ini menyimpulkan (1) Pelaksanaan Pajak Bumi dan Bangunan di Desa Maja Selatan Kecamatan Maja Kabupaten Majelengka telah sesuai dengan Hukum Tata Negara Islam dan nPeraturan Perundang-Undangan yang berlaku di Indonesia. (2) Pada pelaksanaan pemanfaatan Pendapatan Pajak Bumi dan Bangunan di desa Maja Selatan Kecamatan Maja, terdapat faktor penghambat, yaitu banyaknya masyarakat yang kurang terlibat secara aktif terhadap segala kegiatan dalam pemerintahan desa. Serta adanya pandemi Covid-19 yang menyebabkan sebagian besar program kegiatan pemerintahan desa menjadi terhambat. (3) Menurut perspektif siyasah maliyah, pelaksanaan pemanfaatan Pendapatan Pajak Bumi dan Bangunan di desa Maja Selatan Kecamatan Maja sesuai dengan prinsip-prinsip siyasah maliyah demi tercapainya suatu kemaslahatan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hukum Tata Negara; Siyasah Maliyah; Politik Hukum Ekonomi Islam
Subjects: Constitutional and Administrative Law > Constitutional Law of Indonesia
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Siyasah
Depositing User: WILDAN MS
Date Deposited: 19 Jan 2023 02:46
Last Modified: 19 Jan 2023 02:46
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/63792

Actions (login required)

View Item View Item