Tanggapan siswa terhadap tata tertib sekolah hubungannya dengan pembentukan karakter siswa : Penelitian korelasional terhadap siswa kelas X IPS SMA AL MA’SOEM Jln. Raya Cileunyi Rancaekek No 22 Jatinagor Sumedang

Setianingsih, Tia (2023) Tanggapan siswa terhadap tata tertib sekolah hubungannya dengan pembentukan karakter siswa : Penelitian korelasional terhadap siswa kelas X IPS SMA AL MA’SOEM Jln. Raya Cileunyi Rancaekek No 22 Jatinagor Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (cover)
1_cover.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
2_abstrak.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar isi)
3_daftar isi.pdf

Download (104kB) | Preview
[img] Text (bab 1)
4_bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB) | Request a copy
[img] Text (bab 2)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB) | Request a copy
[img] Text (bab 3)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy
[img] Text (bab 4)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB) | Request a copy
[img] Text (bab 5)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB) | Request a copy
[img] Text (daftar pustaka)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (43kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh penemuan peneliti mengenai Adanya budaya tata tertib bagi siswa diharapkan siswa dapat memahami bahwa ketertiban itu perlu agar dapat hidup serasi dengan lingkungannya. Oleh karena itu lembaga sekolah harus menggunakan metode-metode penerapan tata tertib yang tepat agar siswa dapat mematuhi keinginan tuntutan pendidikan. Pendidik harus dapat menunjukkan secara konsisten pada siswa mengenai tingkah laku mana yang dinilai baik dan mana yang tidak. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap tata tertib yang berlaku di SMA Al-Ma’soem; 2) Untuk mengetahui perubahan tata tertib siswa terhadap system point di SMA Al-Ma’soem 3) Untuk mengetahui hubungan antara tanggapan siswa terhadap tata tertib yang dilaksanakan di kelas X SMA Al-Ma’soem Kerangka berfikir penelitian ini bahwa Tanggapan yang muncul ke alam dalam kesadaran seseorang mendapatkan dukungan terhadap tanggapan akan timbul rasa senang , sedangkan rintangan terhadap tanggapan akan menimbulkan rasa tidak senang dan menghilangkan rasa tidak senang. Kecenderungan untuk mempertahkan rasa kepribadian. Karena begitu pentingnnya peran tanggapan bagi tingkah laku seseorang , maka pendidikan hendaknya mampu mengurangi tanggapan – tangggapan yang pada peserta didik sehingga akan berkembang suatu motivasi bagi perkembangan karakter peserta didik Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif karena semua data yang diperoleh dalam bentuk hasil interview dan tatap muka. Penelitian ini merupakan jenis penelitian berdasarkan studi kasus. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik Kelas X IPS SMA Al-Ma’soem Rancaekek Kabupaten Bandung yang berjumlah 33 orang. Hasil Penelitian Hubungan Tata Tertib menunjukkan bahwa sebanyak 17 responden berada pada kategori tinggi dengan persentase 51,51%. Selanjutnya sebanyak 8 responden berada pada kategori sedang dengan persentase 24,24% dan 8 responden berada pada kategori rendah dengan persentase 24,24%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Tanggapan Tata Tertib Peserta Didik berada pada kategori Tinggi. Sedangkan Karakter Siswa. menunjukkan bahwa sebanyak 7 responden berada pada kategori tinggi dengan persentase 21,21 %. Selanjutnya sebanyak 18 responden berada pada kategori sedang dengan porsentase 54,54 % dan 8 responden berada pada kategori rendah dengan porsentase 24,24 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Pengaruh Karakter peserta didik berada pada kategori sedang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Tanggapan Siswa; Tata Tertib Sekolah; Pembentukan Karakter Siswa
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tia Setianingsih
Date Deposited: 27 Mar 2023 02:12
Last Modified: 27 Mar 2023 02:12
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/63822

Actions (login required)

View Item View Item