Tabligh di Masjid An-Nur dalam meningkatkan keberagamaan masyarakat : Penelitian deskriptif di Kampung Sukasari, Kelurahan Pasirbiru, Kecamatan Cibiru, Kota Bandung

Hasibuan, Dandy Yusuf (2022) Tabligh di Masjid An-Nur dalam meningkatkan keberagamaan masyarakat : Penelitian deskriptif di Kampung Sukasari, Kelurahan Pasirbiru, Kecamatan Cibiru, Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (679kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktek penyiaran, materi tabligh danperanan tabligh dalam meningkatkan sikap keberagamaan masyarakat kampung Sukasari, Kelurahan Pasirbiru, Kecamatan Cibiru, Kota Bandung. Tabligh merupakan bagian dari sistem Dakwah Islam, upaya penyampaian dan penyiaran pesan-pesan Islam, baik lisan maupun tulisan, oleh individu maupun kelompok. Masjid yang salah satunya memiliki potensi dan diyakini melakukan pemberdayaan sosial dan pendidikan adalah Masjid An-Nur. Masjid yang terletak di Jl. Pandai Sukasari, RT 05, RW 10, Kelurahan Pasir Baru, Kecamatan Cibiru, Kota Bandung. Terdapat beberapa program utama dalam rangka tabligh bagi Muslim di sekitar yang dilakukan oleh pengurus Masjid An-Nur, seperti tabligh bagi ibu-ibu, tabligh untuk bapak-bapak yang bertemakan seputar akidah, akhlak, syariah dan muamalah, serta bagi generasi milenial tersedianya tabligh Al-Qur’an yang juga memuat tausiyah. Hal ini dilakukan Pengurus Majid An-Nur dalam rangka memberikan pemahaman keagamaan bagi masyarakat sekitar dan generasi selanjutnya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari wawancara dengan narasumber yaitu ketua DKM dan Sekretaris DKM Masjid An-Nur dan tokoh agama setempat, selain itu pengumpulan data juga dilakukan dengan teknik observasi ke lokasi penelitian dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan, praktek penyiaran Islam dalam menanamkan sikap keberagamaan yang dilakukan di Masjid An-Nur mengutamakan muatan materi dan fleksibilitas atas keadaan dan problematika yang sedang berkembang ditengah masyarakat. Seperti, para pengurus DKM Masjid An-Nur rutin dalam mengadakan diskusi bersama para pengurus dan tokoh lainnya guna membahas persoalan yang berkembang dalam masyarakat, hasil diskusi ini seringkali dijadikan ke dalam materi Tabligh dan khutbah Jum’at. Utamanya materi tabligh terkait sikap keberagamaan memuat tentang, sikap ketauhidan, taharah, pluralisme dan toleransi beragama. Tabligh berperan dalam menyiarkan sesuatu yang benar dan membuang sesuatu yang salah sesuai konsep amar maruf nahir munkar. Maka dari itu, sikap keberagamaan yang salah diluruskan dengan diadakaannya Tabligh.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Tabligh; Sikap Keberagamaan; Peran Masjid
Subjects: Islam > Mosques
Islam > Da'wah
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Masjid
Social Interaction, Interpersonal Relations > Relations of Individual to Society
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Dandy Yusuf Alfasyah Hasibuan
Date Deposited: 19 Jan 2023 07:14
Last Modified: 19 Jan 2023 07:14
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/63825

Actions (login required)

View Item View Item