Analisis upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa berbasis pendekatan Saintifik di kelas IV SDN 3 Dawungsari Kabupaten Garut

Nursalsa, Risa (2022) Analisis upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa berbasis pendekatan Saintifik di kelas IV SDN 3 Dawungsari Kabupaten Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (cover)
1_cover.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
2_abstrak.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar isi)
3_daftar isi.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
4_bab 1.pdf

Download (134kB) | Preview
[img] Text (bab 2)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB) | Request a copy
[img] Text (bab 3)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text (bab 4)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB) | Request a copy
[img] Text (bab 5)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB) | Request a copy
[img] Text (daftar pustaka)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peristiwa yang ada di SDN 3 Dawungsari Kabupaten Garut mengenai motivasi belajar siswa. Berdasarkan faktor utama penyebab kurangnya motivasi siswa padahal sudah menerapkan pendekatan saintifik disetiap kelasnya. Hal tersebut ditandai dengan beberapa permasalahan seperti guru banyak terlibat sebagai sumber utama dalam proses pembelajaran sehingga siswa pasif ketika belajar di kelas, media dan sumber yang digunakan guru tidak bervariasi dan hanya terfokus kepada buku ketika menggunakan pendekatan saintifik, hal tersebut dapat menjadikan rendahnya motivasi belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini ialah agar dapat mendeskripsikan 1) Motivasi belajar siswa berbasis pendekatan saintifik di kelas IV SDN 3 Dawungsari Kabupaten Garut; 2) Upaya yang guru lakukan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa berbasis pendekatan saintifik di kelas IV SDN 3 Dawungsari Kabupaten Garut. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan campuran dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data terdiri dari teknik angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diketahui 1) Siswa kelas IV SDN 3 Dawungsari Kabupaten Garut memiliki motivasi belajar yang baik berdasarkan data hasil angket diperoleh rata-rata 3.24 termasuk dalam kategori “Baik”. 2) Upaya yang guru lakukan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa berbasis pendekatan saintifik di kelas IV SDN 3 Dawungsari Kabupaten Garut sudah baik karena guru sudah melakukan beberapa upaya diantaranya: a) guru sudah mendorong siswa untuk melakukan kegiatan mengamati, b) guru sudah mendorong siswa untuk melakukan kegiatan menanya, c) guru sudah mendorong siswa untuk melakukan kegiatan mengumpulkan informasi, d) guru sudah mendorong siswa untuk melakukan kegiatan mengasosiasi, e) guru sudah mendorong siswa untuk melakukan kegiatan mnegkomunikasikan, f) guru mendorong siswa agar mempunyai hasrat dan keinginan berhasil dalam belajar, g) guru mendorong siswa dalam kebutuhan belajar, h) guru mendorong siswa agar memiliki harapan dan cita-cita masa depan, i) guru memberikan penghargaan, j) guru mendorong siswa agar memilik keinginan menarik dalam belajar, k) adanya lingkungan yang kondusif sehingga siswa dapat belajar dengan baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru; Motivasi Belajar Siswa; Pendekatan Saintifik
Subjects: Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Risa Nursalsa
Date Deposited: 24 Jan 2023 03:39
Last Modified: 24 Jan 2023 03:39
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/63896

Actions (login required)

View Item View Item