Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti berbasis moderasi beragama : Penelitian di SMA Negeri 2 dan SMA Negeri 6 Kota Bogor

Nurrohmah, Mia Roswantika (2021) Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti berbasis moderasi beragama : Penelitian di SMA Negeri 2 dan SMA Negeri 6 Kota Bogor. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (505kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (809kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (754kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTRA PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi peserta didik yang berbeda-beda dari segi latar belakang agama, adat istiadat, suku, budaya dan Bahasa. Kurangnya menanamkan sikap toleransi masih kurang berhasil dalam mengembangkan perilaku keberagamaan peserta didik serta membangun moral maupun etika. Hal tersebut didukung oleh berbagai informasi bahwa masih banyak peristiwa peserta didik tidak saling menghormati sesama teman dan perilaku bullying terhadap budaya, etnik, gender, bahasa ataupun agama dan kurangnya toleransi terhadap peserta didik lainnya. Atas dasar itu, peneliti tertarik mengadakan penelitian terhadap pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMA Negeri 2 dan SMA Negeri 6 Kota Bogor. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis:1) tujuan, 2) program, 3) proses, 4) faktor pendukung dan penghambat, 5) evaluasi pembelajaran PAI dan Budi Pekerti berbasis moderasi beragama di SMA Negeri 2 dan SMA Negeri 6 Kota Bogor. Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti berbasis moderasi beragama merupakan pendidikan yang dapat memberikan pengetahuan dan membentuk sikap, kepribadian dan keterampilan peserta didik dalam mengamalkan ajaran-ajaran Agama Islam yang dilaksanakan sekurang-kurangnya sebagai mata pelajaran yang ada di sekolah (Fahrudin, 2017). Sedangkan moderasi beragama yaitu mengedepankan keseimbangan dalam beberapa hal keyakinan, moral dan watak sebagai ekspresi sikap keagamaan antara individu maupun antara kelompok tertentu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan tiga alat pengumpul data yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan yang di dapatkan di SMA Negeri 2 dan SMA Negeri 6 Kota Bogor. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa: 1) Tujuan pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMA Negeri 2 Kota Bogor adalah menanamkan nilai-nilai toleransi, menanamkan keharmonisan dalam beagama, dan membangun harmonisasi Hablum Minallah, Hablum Minannas, Hablum Minal’alam. Sedangan tujuan pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMA Negeri 6 Kota Bogor adalah memiliki jiwa toleransi dan menghadirkan keharmonisan di dalam kehidupan sesama umat bangsa, 2) program pembelajaran PAI dan Budi Pekerti berbasis moderasi beragama adalah kegiatan harian seperti proses pembelajaran PAI dan Budi Pekerti berbasis moderasi beragama diaplikasikan di dalam doa di awal dan akhir pembelajaran, solat dhuha, solat fardhu berjamaah. Kegiatan mingguan seperti rohis dan kegiatan bulanan seperti bakti sosial serta peringatan hari besar, 3) proses pembelajaran PAI dan Budi Pekrti berbasis moderasi beragama di sekolah dapat dilihat pada kegiatan harian dengan mengamalkan ajaran agama secara adil dan seimbang, 4) Faktor pendukung pembelajaran PAI dan Budi Pekerti berbasis moderasi beragama dapat berasal dari pihak sekolah, pendidik, peserta didik, sarana prasarana, orang tua maupun lingkungan sekitar. Adapun faktor penghambatnya tidak semua peserta didik mengetahui pemahaman mengenai moderasi beragama, 5) Evaluasi ditentukan oleh proses pembelajaran, memperbaiki kekurangan yang terdapat di dalam pelaksanaan pembelajaran PAI dan Budi Pekerti berbasis moderasi beragama di SMA Negeri 2 dan SMA Negeri 6 Kota Bogor. Peneliti merekomendasikan kepada para kepala sekolah, guru, siswa dan orang tua murid untuk mendukung pembelajaran PAI dan Budi Pekerti ini agar dapat mengembangkan perilaku keberagamaan peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran PAI dan Budi Pekerti; Moderasi beragama
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mia Roswantika Mia Roswantika
Date Deposited: 08 Feb 2023 03:49
Last Modified: 08 Feb 2023 03:49
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/63969

Actions (login required)

View Item View Item