Peran Pramuka Perguruan Tinggi dalam pembentukan mental dan karakter kepemimpinan mahasiswa: Studi deskriptif di Gerakan Pramuka UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Ramadan, Ramadan (2022) Peran Pramuka Perguruan Tinggi dalam pembentukan mental dan karakter kepemimpinan mahasiswa: Studi deskriptif di Gerakan Pramuka UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (490kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy

Abstract

Banyak orang beranggapan bahwa pramuka di perguruan tinggi sama dengan pramuka di sekolah. Namun perlu diketahui tertulis dalam AD/ART Gerakan Pramuka, bahwa pramuka merupakan pendidikan nonformal yang diperkaya dengan nilai-nilai dalam pembentukan kepribadian yang berkarakter. Gerakan Pramuka UIN Sunan Gunung Djati Bandung merupakan organisasai intra kampus, pelaksanakan kegiatannya difokuskan pada penanaman karakter kepemimpinan dan moral mahasiswa, dengan berpedoman kepada aturan-aturan kepramukaan. Tujuan dari penelitian ini, adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan norma dan konsep dasar dalam pembentukan mental dan karakter kepemimpinan mahasiswa, mengetahui dan mendeskripsikan tugas dan fungsi Pramuka UIN Bandung dalam pembentukan mental dan karakter kepemimpinan anggotanya, dan mengetahui serta mendeskripsikan bagaimana gambaran mental dan karakter kepemimpinan mahasiswa yang tergabung dalam Pramuka UIN Bandung. Metode dalam penelitian ini menggunakan deskriptif dengan pendekatan kualitatif, karena penelitian ini bersifat natural dan peneliti bermaksud mendeskripsikan bagaimana peran pramuka perguruan tinggi terutama Pramuka UIN Bandung dalam pembentukan mental dan karakter kepemimpinan mahasiswa. Teknik pengumpulan data dilakukan secara observasi, wawancara langsung dengan pengurus, anggota dan alumni pramuka serta dokumentasi. Penelitian ini berlandaskan kepada paradigma behaviorisme yang merupakan teori untuk mempelajari perilaku manusia. Menurut B.F. Skinner teori belajar behaviorisme adalah hubungan antara stimulus dengan respon yang ditunjukkan individu atau subyek terjadi melalui interaksi dengan lingkungan. Asumsi dasar mengenai perubahan tingkah laku menurut teori ini sebagai hasil dari pengalaman dan bisa ditentukan oleh aturan, proses belajar serta pembiasaan. Selain teori tersebut ada beberapa teori kepemimpinan yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, pramuka perguruan tinggi terutama di Pramuka UIN Bandung berperan dalam pembentukan mental dan karakter kepemimpinan. Hal tersebut dapat terlihat dari mahasiswa yang tergabung dalam Pramuka UIN Bandung memiliki norma yang mengacu pada kode kehormatan pramuka yaitu satya (janji) dan darma sebagai (ketentuan moral) yang senantiasa diaplikasikan kehidupan sehari-hari dan konsep dasar yang mengacu kepada prinsip dasar dan metode kepramukaan sebagai pola pembinaan untuk menunjukan perubahan secara prilaku, pengetahuan dan keterampilan. Adpun tugas dan fungsinya untuk menyelenggarakan pendidikan, pembinaan dan pelatihan secara khusus Selain hal itu, banyak anggota pramuka yang berhasil menjadi pimpinan organisasi di lingkungan kampus dan alumni pramuka yang telah menjadi pimpinan di lembaga instansi ataupun lingkungan masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peran Pramuka Perguruan Tinggi; Mental dan Karakter; Kepemimpinan.
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Character Development
Social Process > Leadership
Higher Education, Universities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Ramadan Ramadan
Date Deposited: 27 Jan 2023 03:55
Last Modified: 27 Jan 2023 03:55
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/63990

Actions (login required)

View Item View Item