Hubungan antara kompetensi tenaga Humas dan citra lembaga pendidikan Islam : Penelitian di Madrasah Aliyah se-Kecamatan Cibiru

Rahmawati, Fani (2022) Hubungan antara kompetensi tenaga Humas dan citra lembaga pendidikan Islam : Penelitian di Madrasah Aliyah se-Kecamatan Cibiru. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (cover)
1_cover.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
2_abstrak.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar isi)
3_daftar isi.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
4_bab 1.pdf

Download (269kB) | Preview
[img] Text (bab 2)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB) | Request a copy
[img] Text (bab 3)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB) | Request a copy
[img] Text (bab 4)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB) | Request a copy
[img] Text (bab 5)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (44kB) | Request a copy
[img] Text (daftar pustaka)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB) | Request a copy

Abstract

Pada era revolusi industri 4.0, humas sekolah merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari pengelolaan lembaga pendidikan Islam (sekolah) yang bermutu. Terwujudnya praktik humas yang lebih professional didasari oleh tenaga humas madrasah yang memiliki kompetensi humas yang baik. Perkembangan humas kedepan makin dituntut untuk menyesuaikan kompetensinya dengan persaingan yang dihadapi antar lembaga pendidikan Islam saat ini. Namun dalam hal tersebut, tenaga humas masih memiliki keterbatasan kemampuan sehingga dapat mempengaruhi baik atau buruknya kualitas citra lembaga pendidikan Islam yang ditunjukkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan 1) Kompetensi Tenaga Humas di Madrasah Aliyah Se-Kecamatan Cibiru; 2) Citra Lembaga Pendidikan Islam di Madrasah Aliyah Se-Kecamatan Cibiru; serta 3) Menguji Hipotesis Hubungan Antara Kompetensi Tenaga Humas dan Citra Lembaga Pendidikan Islam di Madrasah Aliyah Se-Kecamatan Cibiru. Kompetensi tenaga humas terdiri dari tiga indikator, yaitu kompetensi kepribadian, sosial, dan teknis. Sedangkan, untuk citra lembaga pendidikan Islam yang terdiri dari empat indikator, yaitu personality, reputation, value, dan corporate identity. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini ialah H1: Terdapat Hubungan Antara Kompetensi Tenaga Humas dan Citra Lembaga Pendidikan Islam (penelitian di Madrasah Aliyah Se-Kecamatan Cibiru) dan H0: Tidak terdapat Hubungan Antara Kompetensi Tenaga Humas dan Citra Lembaga Pendidikan Islam (penelitian di Madrasah Aliyah Se-Kecamatan Cibiru). Penelitian ini bersifat deskriptif, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif jenis studi korelasi/hubungan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan ialah menggunakan kuesioner. Kemudian untuk teknik analisis datanya menggunakan uji instrumen (validitas dan reliabilitas), uji analisis parsial per indikator, uji prasyarat (normalitas dan linieritas), dan uji korelasi (uji koefisien korelasi dan determinasi). Berdasarkan hasil pengujian secara statistik menunjukkan bahwa terdapat Hubungan Antara Kompetensi Tenaga Humas dan Citra Lembaga Pendidikan Islam di Madrasah Aliyah Se-Kecamatan Cibiru. Hasil perhitungan analisis koefisien korelasi memperoleh hasil 0,540. Tingkat kekuatan hubungan antara kompetensi tenaga humas dengan citra lembaga pendidikan Islam ada di rentang 0,400 – 0,599 yang artinya terdapat hubungan dengan kategori “Cukup”. Adapun arah hubungannya ialah mengarah pada hubungan yang positif dengan melihat angka pearson correlation nya yaitu 0,540 yang artinya jika semakin tinggi kompetensi tenaga humas maka semakin tinggi pula citra lembaga pendidikan Islam. Selanjutnya, diperoleh nilai koefisien determinasi sebesar 0,292 yang memiliki arti kontribusi Artinya, kontribusi variabel X terhadap variabel Y ialah 29,2% dan 70,8% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Tenaga Humas; Citra Lembaga Pendidikan Islam
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Fani Rahmawati
Date Deposited: 06 Feb 2023 01:53
Last Modified: 06 Feb 2023 01:53
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/64094

Actions (login required)

View Item View Item