Sadiah, Dewi Wisata Halal sebagai media dakwah berbasis pendidikan nilai. Anida (Aktualisasi Nuansa Ilmu Dakwah), 20 (2). ISSN 1410-5705
|
Text
Wisata Halal sebagai Media Dakwah Berbasis.pdf Download (331kB) | Preview |
Abstract
Penelitian bertujuan mengetahui potensi, peluang, dan tipologi mad’u dalam da’wah berbasis wisata hahal. Penelitian ini, menggunakan metode deskriptif analitik dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa potensi dakwah diimplementasikan melalui fasilitasi penyediaan makanan halal, penyediaan fasilitas ruang dan peralatan ibadah, tersedianya al-Qur’an, petunjuk kiblat, dan pakaian staf yang sopan pada setiap domain. Dakwah memiliki peluang untuk dikembangkan dari berbagai aspek. Tipologi mad’u, memiliki karakter tersendiri seperti: Ramah, murah senyum, bahasanya halus pakai bahasa Sunda dan ada juga pakai bahasa Indonesia, saling mengalah dalam keberlangsungan mandi di kolam, dan saling menghargai. Dilengkapi cara penyadarannya melalui perkataan yang membekas di hati dengan qaulan baligha, qaulan layyinan, qaulan ma’rufan, qaulan maisura, dan qaulan karima. Dampak penelitian diharapkan dapat menjadi rujukan pengembangan wisata halal.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Wisata Halal; Media Dakwah; Potensi Dakwah; Tipologi Mad’u |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah |
Depositing User: | Abdul Yami YAMI |
Date Deposited: | 31 Jan 2023 06:23 |
Last Modified: | 31 Jan 2023 06:23 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/64112 |
Actions (login required)
View Item |