Manajemen strategi pendidikan pesantren dalam membina kedisiplinan santri di masa pandemi covid-19 : Studi deskriptif di Pondok Pesantren Al-Hasan Banjarsari Ciamis Jawa Barat

Sadiah, Dewi (2022) Manajemen strategi pendidikan pesantren dalam membina kedisiplinan santri di masa pandemi covid-19 : Studi deskriptif di Pondok Pesantren Al-Hasan Banjarsari Ciamis Jawa Barat. Tadbir. (Submitted)

[img]
Preview
Text
Jurnal BU Dewi.pdf

Download (243kB) | Preview

Abstract

Pada era sekarang kehadiran pesantren sangat urgen untuk menopang kemajuan bangsa Indonesia. Karena sistem pesantren tidak hanya mengajarkan masalah agama (tafaquh fid din), tapi juga masalah dasar-dasar iptek, pesantren sosial budaya, akhlak al-karimah, kemandirian, kesederhanaan, kebersahajaan, kejujuran, kebersamaan, kasih sayang, dan kedisiplinan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui formulasi, implementasi pendidikan pesantren yang dilakukan kiai di pesantren dalam membina kedisiplinan santri di masa pandemi Covid-19, dan evaluasi perubahan perilaku santri dalam membina kedisiplinan santri di pesantren. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, formulasi yang dilakukan kiai di pesantren dalam membina kedisiplinan santri pada masa Covid-19 meliputi a. Merumuskan visi, misi, tujuan, dan program pendidikan pesantren sesuai yang diharapkan; b. Membuat peraturan kedisiplinan, pedoman pelanggaran beserta hukuman, dan menetapkan jadwal kegiatan kedisiplinan santri. Implementasi pendidikan pesantren yang dilakukan kiai meliputi a. memberikan pengarahan, keteladanan, nasihat, contoh yang baik, motivasi, semangat, memimpin atas jalannya pendidikan kedisiplinan santri; dan berkomunikasi dengan baik. Evaluasi perubahan perilaku santri dalam membina kedisiplinan santri meliputi; Perubahan perilaku santri terjadi karena memiliki kebiasaan yang sudah tertanam dalam dirinya dengan kesadaran sendiri dan selalu dibimbing oleh kiai, pembimbing, ustadz, dan ustadzahnya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Manajemen Strategi; Pendidikan Pesantren; Kedisiplinan Santri
Subjects: Islam
Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Dewi Sa'diah
Date Deposited: 31 Jan 2023 08:10
Last Modified: 31 Jan 2023 08:10
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/64133

Actions (login required)

View Item View Item