Strategi adaptasi pedagang pasar tradisional dalam meningkatkan ekonomi keluarga di tengah perkembangan Online Shop: Penelitian pada pedagang pasar tradisional di Pasar Kosambi Kota Bandung

Ligianto, Selina Putri (2022) Strategi adaptasi pedagang pasar tradisional dalam meningkatkan ekonomi keluarga di tengah perkembangan Online Shop: Penelitian pada pedagang pasar tradisional di Pasar Kosambi Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (550kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perkembangan online shop yang telah menurunkan minat masyarakat untuk berbelanja secara konvensional, seperti halnya belanja ke pasar. Terlebih pada masa pandemi Covid-19 saat ini minat masyarakat untuk belanja melalui online shop semakin tinggi. Hal ini membuat keberadaan pedagang pasar tradisional menjadi tersisihkan. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana kondisi sosial ekonomi pedagang pasar tradisional di Pasar Kosambi Bandung di tengah maraknya online shop pada masa pandemi Covid-19 serta strategi apa yang dilakukan oleh para pedagang pasar tradisional di Pasar Kosambi Bandung dalam beradaptasi di tengah kondisi yang terjadi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori pilihan rasional yang dikemukakan oleh James S.Coleman. Dalam teori ini dijelaskan bahwa tindakan seseorang mengacu pada suatu tujuan, dimana tujuan serta tindakan tersebut ditetapkan berdasarkan nilai atau preferensi (pilihan). Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data yang digunakan ialah sumber data primer yaitu pedagang pasar tradisional di Pasar Kosambi Bandung, dan sumber data sekunder yang diperoleh dari beberapa literature atau sumber yang berkaitan dengan kajian penelitian ini. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari lapangan kemudian diolah menggunakan teknik analisis data kualitatif versi Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di tengah maraknya online shop pada masa pandemi Covid-19 saat ini, kondisi sosial ekonomi pedagang di Pasar Kosambi Bandung mengalami penurunan yang cukup drastis dilihat dari menurunnya jumlah pembeli serta penghasilan yang mereka peroleh. Dengan kondisi tersebut terdapat pedagang yang mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan hidup keluarganya sehingga mengharuskan mereka untuk menerapkan berbagai strategi agar usahanya tetap berjalan dan dapat mencukupi kebutuhan hidup keluarga. Adapun strategi adaptasi yang dilakukan oleh para pedagang di Pasar Kosambi Bandung diantaranya yaitu dengan memberikan diskon, meningkatkan pelayanan pada pembeli dan kualitas barang dagangan, menambah jenis barang dagangan, menghemat pengeluaran keluarga, melakukan pinjaman ke bank, serta memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Adaptasi; Online Shop; Pandemi Covid-19; Pedagang Pasar Tradisional; Strategi
Subjects: Change
Econmics
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Selina Putri Ligianto
Date Deposited: 07 Feb 2023 02:14
Last Modified: 07 Feb 2023 02:14
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/64152

Actions (login required)

View Item View Item