Manajemen strategik Pondok Pesantren dalam upaya optimalisasi bimbingan Tahfidz Al-Quran : Studi deskriptif di Pondok Pesantren Al-Quran Al-Falah Nagreg Kabupaten Bandung

Naufal, Achmad Halil (2017) Manajemen strategik Pondok Pesantren dalam upaya optimalisasi bimbingan Tahfidz Al-Quran : Studi deskriptif di Pondok Pesantren Al-Quran Al-Falah Nagreg Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER SKRIPSI)
COVER SKRIPSI.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRACK)
ABSTRAK.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I (Pendahuluan) Pembuka.pdf

Download (96kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II (Tinjauan Teoritis) Pembuka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV Pembuka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA FIX (penutup).pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)

Abstract

Pesantren pada dasarnya adalah sebuah asrama pendidikan Islam tradisional yang siswanya tinggal bersama dan belajar di bawah bimbingan seorang (atau lebih) guru yang lebih dikenal sebutan “kiai”. Pendidikan Al-Quran itu asas dalam pendidikan Islam, karena Al-Quran itu inti syiar Islam dari aneka syiar untuk memperkuat akidah dan keimanan, sehingga pendidikan Al-Quran dan hafalan Al�Quran menjadi sesuatu yang utama dalam pendidikan Islam. Dalam konteks manajemen (tadbir), lembaga pesantren membutuhkan sebuah strategi pengelolaan yang baik, agar tujuannya tercapai secara efektif dan efisien.Penelitian ini bertujuan untuk menemukan gambaran program manajemen strategik yang diterapkan pondok pesantren Al-Quran Al-Falah agar proses bimbingan tahfidz Al-Quran dapat berjalan dengan optimal dan menjadikan para santrinya menjadi hafidz dan hafidzah.Manajemen strategik adalah serangkaian keputusan dan tindakan manajerial yang menentukan kinerja perusahaan dalam jangka panjang.Manajemen strategis meliputi pengamatan lingkungan, perumusan strategi, implementasi strategi, dan evaluasi serta pengendalian. strategi tidak didefinisikan hanya semata-mata sebagai cara untuk mencapai tujuan karena strategi dalam konsep manajemen strategik mencakup juga penetapan berbagai tujuan itu sendiri.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi sehingga data dapat terkumpul dan dianalisis dengan baik. Penelitian ini menemukan bahwa manajemen strategik pondok pesantren diterapkan sesuai dengan tahap-tahap manajemen strategik dalam proses pencapaian tujuan untuk memperoleh keunggulan kompetitif. Hal ini dibuktikan dengan adanya pengamatan lingkungan yang dilakukan dengan analisis SWOT, dilanjutkan dengan rumusan strategi yang diwujudkan dalam perumusan strategi, setelah merumuskan strategi dilanjutkan dengan mengimplementasikan strategi melalui program dan prosedur yang ditetapkan, kemudian hasil dari implementasi dinilai hasilnya melalui evaluasi dan pengendalian strategi. Dari hasil keseluruhan tahap-tahap manajemen strategik yang telah diterapkan dapat disimpulkan bahwa manajemen strategik pada Pondok Pesantren Al-Quran Al-Falah telah dijalankan dengan baik dan menunjukkan keberhasilan dalam mencapai tujuan, yakni mengoptimalkan bimbingan tahfidz Al-Quran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Strategik; Pondok Pesantren; Bimbingan Tahfidz Al-Quran
Subjects: General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: siswa pkl 1
Date Deposited: 02 Feb 2023 03:12
Last Modified: 02 Feb 2023 03:12
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/64182

Actions (login required)

View Item View Item