Judul berita Clickbait di media Online : Analisis wacana kritis model Norman Fairclough pada judul berita Clickbait di media Online detikcom periode 1 Mei – 18 Mei 2017

Abdurohman, Wahyu (2017) Judul berita Clickbait di media Online : Analisis wacana kritis model Norman Fairclough pada judul berita Clickbait di media Online detikcom periode 1 Mei – 18 Mei 2017. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (99kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (659kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)

Abstract

Ruang redaksi bukan hanya ruangan kosong tempat berkumpul seorang redaktur dengan bawahanya, didalamnya terdapat pendapat-pendapat yang bertebaran sebelum melakukan produksi. Hasilnya adalah muncul judul berita clickbait yang membuat pembaca atau khalayak penasaran. Clickbait juga terkesan mengganggu pembaca. Terkadang apa yang ada didalam judul tidak sesuai dengan apa yang diberitakan. Hal ini berkaitan dengan keuntungan media online yang seakan-akan memanfaatkan pengunjung untuk mengklik berita mereka agar memperoleh jumlah pengunjung website menjadi banyak. Semakin banyak penunjung maka akan semakin banyak keuntungan. Berangkat dari permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan menjelaskan bagaimana representasi teks, discourse practice, dan sociocultural practice pada judul berita clickbait di media online detikcom. Tujuan utama penelitian ini adalah mengungkap kenapa media online detikcom menggunakan judul berita clickbait.Penelitian ini menggunakan metode analisis wacana kritis model Norman Fairclough yang berfokus pada analisis teks, discourse practice, dan sociocultural practice. Objek analisisnya adalah teks berita pada judul berita clickbait di media online detikcom periode 1 Mei – 18 Mei 2017 dan hasil wawancara dari pihak detikcom. Hasil penilitian ini menunjukkan, dari level analisis teks, menemukan bagaiamana partisipan seseorang, kelompok, situasi, institusi, relasi wartawan dan identitas wartawan digambarkan di dalam teks. Meskipun begitu, partisipan tersebut hanya digambarkan secara deskriptif dan detail, teks tidak menunjukkan keberpihakan media kepada partisipan. Pada level discourse practice, menemukan bahwa yang menentukan judul berita clickbait adalah seorang redaktur dan verifikator. detikcom juga mengaku sengaja menggunakan judul berita clickbait karena media online adalah media gratisan, sehingga untuk mendapat keuntungan salah satunya adalah dengan menggunakan judul berita clickbait. Pada level sociocultural practice, menemukan bahwa media online detikcom mengaku tidak ada partisipan tertentu yang menyuruh agar menggunakan judul berita clickbai. Detikcom menggunakannya karena menyesuaikan dengan berita yang akan dipublikasikan. Kemudian, dalam penggunaan judul berita clickbait, di media online detikcom tidak ada SOP baku atau peraturan khusus yang membahas tentang penggunaan clickbait, sehingga cliclbait jelas sebagai strategi memperoleh keuntungan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Clickbait; Media Online; Analisis Wacana Kritis Model Norman Fairclough
Subjects: Administration of Economy > Administration of Communications
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: siswa pkl 1
Date Deposited: 02 Feb 2023 03:24
Last Modified: 02 Feb 2023 03:24
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/64192

Actions (login required)

View Item View Item