Pengaruh Dividend Payout Ratio (DPR) Dan Return On Equity (ROE) terhadap Price to Book Value (PBV) pada perusahaan yang listing di Jakarta Islamic Index (JII) : Studi di PT. Telekomunikasi Indonesia TBK Periode 2006-2015

Lestari, Tri Ayu Puji (2017) Pengaruh Dividend Payout Ratio (DPR) Dan Return On Equity (ROE) terhadap Price to Book Value (PBV) pada perusahaan yang listing di Jakarta Islamic Index (JII) : Studi di PT. Telekomunikasi Indonesia TBK Periode 2006-2015. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. COVER.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
8. ABSTRAK.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
9. DAFTAR ISI.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (337kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (698kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (888kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Perkembangan dunia bisnis di Indonesia didukung oleh perkembangan pasar modal. Bagi investor apalagi sesudah menamamkan modalnya dalam satu perusahaan, yaitu mengambil rasio Dividend Payout Ratio menentukan jumlah laba yang dapat dibagikan kepada investor. Kemudian akan berpengaruh kepada pendapatan Return on Equity. Investor dalam melakukan keputusan investasi di pasar modal memerlukan informasi tentang penilaian saham yaitu Price to Book Value.Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisa;1) pengaruh Dividend Payout Ratio ( DPR) secara parsial terhadap Price to Book Value (PBV) di PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk, 2) pengaruh Return On Equity (ROE) secara parsial terhadap Price to Book Value (PBV) di PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk, dan 3) pengaruh Dividend Payout Ratio (DPR) dan Return On Equity (ROE) secara simultan terhadap Price to Book Value (PBV) di PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk.Kerangka berfikir dalam penelitian ini adalah dengan semakin besar DPR yang dibagikan kepada investor maka ROE dalam perusahaan tersebut juga semakin meningkat dan perusahaan yang berjalan dengan baik umumnya mempunyai rasio PBV diatas satu, maka perusahaan tersebut dinilai bagus oleh investor. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif verifikatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Di PT Telekomunikasi Indonesia Tbk periode 2006-2015, yang dipublikasi oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) diperoleh melalui Pojok Bursa Universitas Sangga Buana YPKP Bandung di Jl. PHH. Mustofa Bandung. Teknik analisis yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Sederhana, korelasi PPM, Analisis Koefisien Determinasi dan Analisis Uji Hipotesis yaitu (uji t dan uji f), hasil analisis data diolah dengan Software SPSS version 20.Berdasarkan uji hipotesis, secara parsial variabel DPR memiliki pengaruh signifikan terhadap PBV. Secara parsial juga variabel ROE memiliki pengaruh yang signifikan terhadap PBV. Variabel DPR dan ROE secara simultan memiliki pengaruh signifikan terhadap PBV. Hasil penelitian, peneliti menunjukkan bahwa 1) secara parsial DPR berpengaruh namun tidak signifikan terhadap PBV dimana besarnya pengaruh DPR sebesar -0,010 terhadap PBV, korelasi -0,161 (sangat lemah), koefisien determinasi 0,026 atau 2,6% serta signifikansi thitung ≤ ttabel yaitu −0,461 ≤1,8595 (signifikan); 2) secara parsial ROE terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap PBV dimana besarnya pengaruh ROE sebesar 0,071 terhadap PBV, korelasi 0,940 (sangat kuat), serta koefisien determinasi 0,833 atau 83,3% dengan signifikansi thitung 7,7840 ≥ ttabel 1,8595 (signifikan); dan 3) secara simultan DPR dan ROE terbukti berpengaruh signifikan terhadap PBV dengan hasil Fhitung Fhitung ≥ Ftabel, 42,841 ≥ 4,74.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Dividend Payout Ratio (DPR); Return On Equity (ROE); Price to Book Value (PBV)
Subjects: General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: siswa pkl 2
Date Deposited: 02 Feb 2023 03:35
Last Modified: 02 Feb 2023 03:35
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/64202

Actions (login required)

View Item View Item