Peran bimbingan pengasuh panti asuhan dalam membentuk karakter religius anak panti

Ramdani, Helmi Ali (2022) Peran bimbingan pengasuh panti asuhan dalam membentuk karakter religius anak panti. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DATAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (623kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (525kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (941kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daptarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari adanya pendidikan karakter ini tak lain untuk membentuk sikap, pola pikir, ahklak, serta prilaku anak asuh agar anak asuk bisa menjadi pribadi yang baik, serta berakhlakul karimah. Maka dari itu karakter religius perlu dibentuk serta di tanamkan sejak dini dengan pemberian bimbingan dari para pengasuh dengan melalui berbagai macam pembiasaan yang ada di panti asuhan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui program bimbingan dari pengasuh panti asuhan dalam membentuk karakter religius anak panti, untuk mengetahui proses pelaksanaan bimbingan pengasuh panti dalam membentuk karakter religius anak panti, untuk mengetahui hasil yang dicapai pengasuh panti asuhan dalam pembentukan karakter anak panti. Dan ini didapat dengan melalui kajian, input, proses, dan output di panti asuhan Amanah Ummah Arcamanik, Bandung. Penelitian ini bertolak dari kajian teori yaitu bimbingan, bimbingan adalah suatu proses pemberian bantuan kepada individu yang dilakukan secara berkesinambungan supaya individu itu dapat memahami dirinya sehingga mampu mengarahkan dirinya serta bertindak sewajarnya sesuai dengan tuntutan serta kedaan lingkungan. Penelitian ini mengunakan metode penelitian kualitatif adalah metode yang bisa menggambarkan atau memberikan gambaran secara sistematis berupa fakta atau aktual dan akurat dari lokasi penelitian berdasarkan pada hasil wawancara, observasi,dan dokumentasi yang terjadi dalam mengenai peran bimbingan pengasuh panti asuhan untuk membentuk karakter religius anak panti di panti asuhan Amanah Ummah Arcamanik, Bandung. Hasil dari proses bimbingan yang dilakukan oleh pengasuh panti asuhan terhadap anak panti di panti asuhan Amanah Ummah untuk membentuk karakter religius anak panti sudah berperan, hal yang dilakukan pengasuh yaitu dengan membimbing anak melalui beberapa program pembiasaan yang diadakan diantaranya dengan membiasakan anak solat berjamaah, membiasakan anak untuk solat malam, membiasakan anak untuk puasa sunnah, mengajarkan anak tentang akhlak, mengajarkan anak untuk selalu menutup aurat, dan mengajarkan anak untuk selalu bersyukur.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan; Karakter Religius; Anak Panti;
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Individual Psychology, Characters
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
History of Chile
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: helmi ali ramdani
Date Deposited: 02 Feb 2023 00:39
Last Modified: 02 Feb 2023 00:39
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/64208

Actions (login required)

View Item View Item