Manajemen mutu kinerja pesantren Muadalah : Penelitian di Pondok Pesantren Hikamussalafiyah Babakan Ciwaringin Cirebon

Faisal Ramadani, Muhamad (2017) Manajemen mutu kinerja pesantren Muadalah : Penelitian di Pondok Pesantren Hikamussalafiyah Babakan Ciwaringin Cirebon. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (352kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB)

Abstract

Pesantren mempunyai peranan yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia.Kebanyakan masyarakat belum begitu mengenal pesantren mu’adalah.pesantren muadalah merupakan tipologi pesantren penyetaraan.Untuk menyandang status mu’adalah sebuah pesantren harus memenuhi persyaratan�persyaratan yang begitu ketat namun mudah dicapai melalui manajemen mutu kinerja. Tujuan penelitian untuk mengetahui manajemen mutu kinerja pesantren muadalah dalam rangka menjaga sekaligus meningkatkan mutu pendidikan dalam lemabaga pendidikan pesantren muadalah. Penelitian ini berangkat dari suatu kerangka teoritis “Prinsip-prinsip yang terkandung dalam Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) adalah sesuatu yang sudah menjadi tradisi di dunia pesantren termasuk pesantren mu’adalah. Demikian juga prinsip-prinsip Total Quality Management (TQM) senantiasa diterapkan pesantren mu’adalah dalam mendidik santri-santrinya”. Penelitian ini dilaksanakan melalui pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Analisis data dengan perpanjangan keikut sertaan , ketekunan pengamatan, analisis kecakapan negatif, kecukupan referensi, uraian rinci dan auditing. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa (1)pesantren hikamussalafiyah merupakan pesantren muadalah satu-satunya di babakan ciwaringin(2) sebuah pesantren harus memenuhi persyaratan-persyaratan yang begitu ketat melalui mekanisme visitasi, evaluasi dan verifikasi. Status mu’adalah yang diberikan kepada pesantren berlaku selama empat tahun. Ketika masa berlakunya status tersebut habis, pesantren yang bersangkutan bisa mengajukan kembali. (3))Status mu’adalah yang diraih suatu pesantren merupakan indikator betapa pesantren tersebut benar-benar telah menerapkan prinsip-prinsip manajemen mutu kinerja secara ketat. Keuntungan yang diraih pesantren yang menyandang status mu’adalah adalah bahwa ijazah yang dikeluarkan oleh pesantren tersebut diakui oleh pemerintah. Selain itu, guru�guru/ustadz-ustadzahnya mendapatkan hak untuk mendapatkan tunjangan profesi dan/atau tunjangan fungsional. (4)untuk memaksimalkan perbaikan mutu terdiri dari 3 tahap yaitu supervisi, monitoring dan pelaporan (5)faktor kyai sangat mendukung keberhasilan manajemen mutu kinerja pesantren muadalah (6) Jika status pesantren mu’adalah ingin ditingkatkan dari mu’adalah/disetarakan menjadi sederajat dengan Madrasah Aliyah dan/atau SMA, maka klausul yang tertuang dalam PP nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan pasal 93 (ayat 1-3) inilah yang lebih tepat dijadikan dasar untuk menerbitkan Peraturan Menteri Agama sebagai ganti Surat Keputusaan Dirjen Pendis(Pendidikan Islam).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Mutu; Kinerja; Pesantren Muadalah
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: siswa pkl 1
Date Deposited: 02 Feb 2023 03:45
Last Modified: 02 Feb 2023 03:45
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/64234

Actions (login required)

View Item View Item