Upaya meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak materi akhlak terpuji dengan menggunakan model Numbered Head Together : PTK di kelas IV MI PUI Santi Asromo Majalengka

Rahim, Farhat Syifawati (2017) Upaya meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak materi akhlak terpuji dengan menggunakan model Numbered Head Together : PTK di kelas IV MI PUI Santi Asromo Majalengka. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (367kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh temuan masalah yang terdapat pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di kelas IV MI PUI Santi Asromo bahwa aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak sangat rendah. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat sehingga siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Maka untuk mengatasi permasalahan yang terjadi diterapkanlah model numbered head together (NHT) untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak materi akhlak terpuji sebelum menggunakan model NHT di kelas IV MI PUI Santi Asromo; (2) Aktivtas belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak materi akhlak terpuji menggunakan model NHT di kelas IV MI PUI Santi Asromo pada setiap siklus; (3) aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak materi akhlak terpuji setelah menggunakan model NHT di kelas IV MI PUI Santi Asromo pada setiap siklus. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa aktivitas belajar siswa dapat meningkat yang dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya dengan penggunaan model pembelajaran yang tepat yaitu model NHT. Sehingga peneliti mengajukan hipotesis tindakan bahwa penerapan model NHT diduga dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak materi akhlak terpuji. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan secara berulang, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah silabus, RPP, dan lembar observasi. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, unjuk kerja, wawancara, dan studi dokumen. Analisis data dengan pendekatan statistika. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa sebelum menggunakan model NHT sangat rendah dengan hasil observasi siswa hanya mencapai 38,84% (kurang sekali). Proses pembelajaran Aqidah Akhlak menggunakan model NHT meningkat pada setiap siklusnya yang berjalan sesuai dengan rencana. Hal ini terbukti dari hasil observasi aktivitas siswa dan guru pada setiap tindakan. Siklus 1 tindakan pertama aktivitas siswa 55,05% dan guru 61%, siklus 1 tindakan kedua aktivitas siswa 62,52% dan guru 72%, siklus 2 tindakan pertama aktivitas siswa 76,52% dan guru 83%, sedangkan siklus 2 tindakan kedua aktivitas siswa 86,73% dan guru 100%. Setelah menggunakan model NHT rata�rata persentase aktivitas siswa pada siklus 1 mencapai 58,78% (kurang), sedangkan pada siklus 2 rata-rata persentase aktivitas belajar siswa mencapai 81,62% (baik). Dari data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa model NHT dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak materi akhlak terpuji di kelas IV MI PUI Santi Asromo Majalengka

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran ; Aqidah Akhlak; Model Numbered Head Together
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: siswa pkl 2
Date Deposited: 02 Feb 2023 03:50
Last Modified: 02 Feb 2023 03:50
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/64235

Actions (login required)

View Item View Item