Korelasi antara manajemen waktu dan kinerja tenaga administrasi madrasah: Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten Bandung

Sa’diah, Neng Najah Nurul (2022) Korelasi antara manajemen waktu dan kinerja tenaga administrasi madrasah: Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (230kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy

Abstract

Tenaga administrasi madrasah merupakan sumber daya manusia di sekolah yang bertugas untuk mengurusi administrasi madrasah. Tenaga administrasi juga menjadi sorotan karena memiliki tugas yang cukup banyak, sehingga seringkali mengharuskan bekerja di luar jam kerja seperti di malam hari. Kendala yang dihadapi oleh tenaga administrasi madrasah adalah belum mampu mengelola waktu yang tersedia untuk menyelesaikan tugas-tugasnya. Hal ini akan berakibat pada kinerja yang dihasilkan, karena seseorang tidak dapat menghasilkan kinerja yang baik apabila tidak mampu mengelola waktu dalam bekerja. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan dan menganalisis manajemen waktu tenaga administrasi madrasah di Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten Bandung, 2) Mendeskripsikan dan menganalisis kinerja tenaga administrasi madrasah di Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten Bandung, dan 3) Menguji hipotesis korelasi antara manajemen waktu dan kinerja tenaga administrasi madrasah di Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner/angket dan Teknik analisis data melalui uji instumen, analisis statistik deskriptif, analisis korelasi, uji koefisien korelasi, dan koefisien determinasi. Pada variabel manajemen waktu terdiri dari 5 indikator, yaitu menyusun tujuan, menyusun prioritas, menyusun jadwal, meminimalisasi gangguan, dan mendelegasikan tugas. Pada variabel kinerja tenaga administrasi madrasah juga terdiri dari 5 indikator, yaitu kualitas kerja, ketepatan waktu, inisiatif, kemampuan, dan komunikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen waktu tenaga administrasi madrasah di Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten Bandung dalam kategori baik karena memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,97 berada dalam rentang interval 3,40 - 4,19. Kinerja tenaga administrasi di Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten Bandung dalam kategori baik karena memperoleh nilai rata-rata 4,28 yang berada pada rentang interval 4,20 – 5,00. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai 0,000 < 0,05 dengan koefisien korelasi 0,722 pada kisaran 0,60-0,799 yang berarti terdapat korelasi yang kuat antara manajemen waktu dan tenaga administrasi madrasah. Kemudian perhitungan pada koefisiensi determinasi (R aquare) sebesar 0,522 pada kategori sedang. Artinya terdapat kontribusi positif variabel X manajemen waktu terhadap variabel kinerja tenaga administrasi madrasah sebesar 52,2% serta terdapat faktor lain yang dapat memenuhi kinerja tenaga administrasi madrasah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Waktu; Kinerja; Tenaga Administrasi; Madrasah
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Najah Nurul
Date Deposited: 06 Feb 2023 04:44
Last Modified: 06 Feb 2023 04:44
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/64249

Actions (login required)

View Item View Item