Penerapan Metode Index Card Match untuk meningkatkan hasil belajar materi tajwid : Penelitian kuasi eksperimen terhadap siswa kelas 6 MDTA Siraj Al-Muttaqien di Kampung Tegallega Lembursitu Kota Sukabumi tahun 2022

Rahmah, Dea Aulia (2022) Penerapan Metode Index Card Match untuk meningkatkan hasil belajar materi tajwid : Penelitian kuasi eksperimen terhadap siswa kelas 6 MDTA Siraj Al-Muttaqien di Kampung Tegallega Lembursitu Kota Sukabumi tahun 2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (475kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (534kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa di MDTA Siraj Al-Muttaqien kurang inovatif dalam menggunakan metode pembelajaran, salah satunya pada pembelajaran agama Islam yaitu Al-Qur’an. Selama ini metode yang guru sampaikan terkait pembelajaran Al-Qur’an khususnya ilmu tajwid, menggunakan metode ceramah yang mengakibatkan proses pembelajaran dirasa kurang efektif dan siswa menjadi kurang aktif dalam proses pembelajran. Maka dari itu peneliti mencoba menerapan metode index card match. metode ini merupakan metode pembelajaran aktif yang dilakukan menggunakan media kartu yang berisikan materi yang sudah dipelajari di kelas, dapat membuat siswa lebih aktif dalam kegiatan belajar. Penelitian skripsi ini berujuan untuk: 1) Mendeskripsikan proses penerapan metode index card match dalam materi tajwid pada siswa kelas 6 Madrasah Diniyah Siraj Al-Muttaqien kota Sukabumi; dan 2) Mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan metode index card match dalam materi tajwid pada siswa kelas 6 Madrasah Diniyah Siraj Al-Muttaqien kota Sukabumi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Eksperimen, dengan design Pre-test – Post-test Control Group. Jumlah sampel sebanyak 28 responden yang diambil dari siswa kelas 6 MDTA Siraj Al-Muttaqien. Adapun pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Proses pembelajaran metode Index Card Match : (a) Potongan kertas yang berisi pertanyaan, jawaban, dibagikan kepada siswa; (b) Siswa mencari pasangan dari pertanyaan dan jawaban; (c) memberikan evaluasi. 2) Hasil belajar siswa setelah menggunakan metode index card match dalam meteri tajwid pada siswa kelas 6 Madrasah Diniyah Siraj Al-Muttaqien kota Sukabumi meningkat dengan kriteria baik, dilihat dari hasil rata-rata tes awal sebesar 65,36 dan pada tes akhir sebesar 78,71.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode Index Card Match; Hasil Belajar; Tajwid
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dea Aulia Rahmah
Date Deposited: 07 Feb 2023 07:51
Last Modified: 07 Feb 2023 07:51
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/64292

Actions (login required)

View Item View Item