Analisis kritik teks atas penggunaan ayat 15 dalam tradisi masyarakat Indonesia

Nasution, Farhan Mauli (2022) Analisis kritik teks atas penggunaan ayat 15 dalam tradisi masyarakat Indonesia. Sarjana thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (688kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB) | Request a copy

Abstract

Berangkat dari keresahan penulis akan pesatnya perkembangan agama Islam di Nusantara yang dimulai dari sejarah masuknya Islam ke Nusantara hingga saat ini, dengan beberapa teori perbedaan latar belakang dari pada penyebar agama Islam di Nusantara maka akan melahirkan produk keIslaman yang bergam pula. Majmu’ Syarif sebagai salah satu produk dari akulturasi tersebut menjadi kitab rujukan beberapa golongan dalam menjalankan ritual peribadatan berbasis Islam seperti pembacaan surat-surat tertentu, shalawat lain sebagainya. Namun yang menjadi pokok bahasan sendiri ialah salah satu sub-bab dari majmu syarif itu sendiri yakni Ayat 15, meski ada pembahasan yang serupa dengan sub-bab ini yaitu ayat 5 7 tapi ayat ini dinilai memiliki pembahasan dengan cakupan luas fadhilah dahsyat. Penulis menganalisa teks berdasarkan Asbab Nuzul surat tersebut, maupun melalui munasabah kajian linguistic penulis ingin mengupas secara komprehensif kritis isi maksud dari ayat 15 ini beserta sumbernya. Dengan menemukan maksud sejarah dari ayat asli yang dikutip oleh pengarang majmu syarif dari Al-Qur’an, diharapkan akan ditemukan titik terang tentang sumber dari ayat 15 . Penulis juga melakukan studi komparasi dengan menggunakan kajian keilmuan Al-Qur’an seperti Asbab Nuzul dll, beserta kajian kebahasaan sebagai salah satu acuan untuk menemukan maksud pengarang. Pada penelitian ini peneliti menggunakan dua metode, pertama metode Library Research. Kedua, metode Bibliografi buku. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini secara keseluruhan ada tiga yaitu metode pegumpulan data, metode pembahasan, metode penulisan. Penulisan ini menggunakan bibliografi subjek, karena penelitian yang dilakukan adalah big ilmu tertentu sesuai dengan definisinya. Langkah-langkahnya yaitu penentuan judul bibliografi, pengumpulan bahan pustaka/penulusuran informasi, pengelompokan/klasifikasi, penyusunan indeks (penyusunan indeks yang dilakukan dalam karya ini tidak ada), pengetikan naskah bibliografi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Fadhilah Quran; Fadhaiul A’mal; Majmu Syarif; Tradisi Islam Nusantar
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kumpulan Ayat-ayat dan Surat-surat Tertentu dalam Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: mr farhan mauli
Date Deposited: 06 Feb 2023 03:06
Last Modified: 06 Feb 2023 03:06
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/64302

Actions (login required)

View Item View Item