Praktik jurnalistik santri pondok pesantren : Study Fenomenologi pada santri pondok pesantren Darussalam Kabupaten Tasikmalaya

Abad, Rifqi Khoerul (2023) Praktik jurnalistik santri pondok pesantren : Study Fenomenologi pada santri pondok pesantren Darussalam Kabupaten Tasikmalaya. Sarjana thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (463kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (848kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (757kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (576kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (699kB) | Request a copy

Abstract

Jurnalistik dapat dikatakan ilmu terapan yang erat kaitannya dengan keterampilan. Eksistensi jurnalistik pun kini sudah merebak di kalangan santri dan lingkungan pesantren. Salah satunya santri yang tergabung dalam organisasi Multimedia Pesantren Darussalam Kabupaten Tasikmalaya. Pesantren terus mengalami perubahan bentuk dalam mengadopsi perkembangan teknologi namun tetap tidak merubah kultur pesantren sebelumnya. Munculnya pesantren-pesantren modern merupakan bagian dari bagaimana mengadopsi perubahan teknologi. Santri yang melakukan praktik jurnalistik dipandang penting untuk diteliti karena karakteristik yang berbeda dalam peliputan jurnalistik dibandingkan seorang siswa lainnya. Penelitian ini dianggap menarik karena khalayak dapat mengetahui motif santri dalam mempelajari dan pengalamannya dalam menjalankan praktik jurnalistik. Fokus Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pemahaman santri mengenai jurnalistik. Bagaimana santri anggota multimedia memaknai dalam menjalankan praktik jurnalistik. Bagaimana pengalaman santri ketika sedang melakukan praktik jurnalistik. Teori yang digunakan adalah fenomenologi Alfred Schutz bagaimana mempelajari fenomena dialami dalam kesadaran, dan tindakan, seperti seperti bagaimana fenomena tersebut bernilai atau diterima. Fenomenologi mencoba mencari pemahaman bagaimana manusia mengkontruksi makna dan konsep dalam intersubjektifitas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif karena karakteristik dari pendekatan ini dipandang tepat dengan topik penelitian dan data yang dikumpulkan melalui wawancara dengan santri anggota Multimedia sehingga memberikan informasi tentang apa yang dialami oleh santri. Hasil dari penelitian ini bahwa ketika santri melakukan peliputan jurnalistik, para santri memahami apa yang mereka terima selama menjadi anggota Multimedia. Pengalaman santri anggota Multimedia adalah melakukan kegiatan jurnalistik secara autodidak atau sendiri di lingkungan pesantren, Makna jurnalistik bagi santri adalah berhubungan dengan informasi, kegiatan liputan, dan kegiatan menulis.Berita yang disampaikan kepada masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Jurnalistik; Pesantren; Santri
Subjects: Use of Other Information Media
Journalism and Newspapers in Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Rifqi Khoerul Abad
Date Deposited: 08 Feb 2023 01:01
Last Modified: 08 Feb 2023 01:01
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/64368

Actions (login required)

View Item View Item