Pengaruh aplikasi limbah media Jamur Merang (Volvariella vVolvaceae) dengan Trichoderma Harzianum terhadap penyakit Layu Fusarium (Fusarium oOxysporum f.sp capsici) pada tanaman Cabai Rawit (Capsicum Frustencens L.)

Gunawan, Aqil Alviana (2022) Pengaruh aplikasi limbah media Jamur Merang (Volvariella vVolvaceae) dengan Trichoderma Harzianum terhadap penyakit Layu Fusarium (Fusarium oOxysporum f.sp capsici) pada tanaman Cabai Rawit (Capsicum Frustencens L.). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (324kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy

Abstract

Tidak optimalnya produksi cabai rawit salah satunya disebabkan karena serangan penyakit. Penyakit yang memberikan kerugian cukup besar pada tanaman cabai rawit adalah layu Fusarium yang disebabkan oleh Fusarium oxysporum f.sp capsici. Salah satu cara yang dapat dilakukan dalam mengendalikan penyakit layu Fusarium yaitu dengan pemberian limbah media jamur merang dengan Trichoderma untuk meningkatkan produktifitas cabai rawit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian limbah media jamur merang (Volvariella volvaceae) dengan Trichoderma harzianum dalam menekan intensitas penyakit layu Fusarium terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman cabai rawit. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium BPTPH, Laboratoriun UIN Sunan Gunung Djati, dan screenhouse Kebun Percobaan Ciparanje Universitas Padjajaran, pada Maret 2021 - Mei 2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK), 12 perlakuan dan 3 ulangan yaitu: A=Kontrol; B=Kontrol + Inokulasi Fusarium; C=Trichoderma 10 gr; D= Trichoderma 10 g + Inokulasi Fusarium; E= Limbah media jamur 20 g; F= Limbah media jamur 30 g; G= Limbah media jamur 20 g + Inokulasi Fusarium; H= Limbah media jamur 30 g + Inokulasi Fusarium; I= Limbah media jamur 20 g + Trichoderma 10 g; J= Limbah media jamur 30 g + Trichoderma 10 g; K= Limbah media jamur 20 g + Trichoderma 10 g + Inokulasi Fusarium; L= Limbah media jamur 30 g + Trichoderma 10 g + Inokulasi Fusarium. Uji lanjut yang digunakan adalah uji lanjut DMRT (Duncan’s Multiple Range Test). Hasil penelitian menunjukkan pemberian limbah media jamur merang dengan Trichoderma harzianum memberikan pengaruh yang nyata dalam menekan perkembangan penyakit layu Fusarium, dan dosis terbaik adalah pemberian Limbah media jamur 20 g + Trichoderma 10 g.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Cabai rawit; layu fusarium; limbah media jamur merang; Trichoderma harzianum
Subjects: Plant Injuries
Plant Injuries > Plant Diseases
Plant Injuries > Fungus Diseases
Plant Injuries > General Topics of Pests and Diseases Control
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Pertanian/Agroteknologi
Depositing User: Aqil Alviana Gunawan
Date Deposited: 10 Feb 2023 03:53
Last Modified: 10 Feb 2023 03:53
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/64372

Actions (login required)

View Item View Item