Hidayatulloh, Rizki (2022) Pengembangan media pembelajaran Easy Physics berbasis Website untuk meningkatkan kemampuan berpikir komputasional peserta didik pada materi GLB dan GLBB. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (465kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (139kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (82kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (335kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (379kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (80kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (228kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini merupakan pengembangan media pembelajaran Easy Physics berbasis website untuk meningkatkan kemampuan berpikir komputasional peserta didik pada materi GLB dan GLBB. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui (1) kelayakan media pembelajaran Easy Physics berbasis website, (2) keterlaksanaan kegiatan pembelajaran menggunakan media pembelajaran Easy Physics berbasis website, (3) peningkatan kemampuan berpikir komputasional peserta didik, dan (4) respon peserta didik terhadap penggunaan media pembelajaran Easy Physics berbasis website. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan Research and Development (R&D) dengan model penelitian ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Sampel dalam penelitian ini berjumlah 33 peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) media pembelajaran Easy Physics berbasis website layak digunakan dalam pembelajaran dengan persentase rata-rata hasil uji validitas sebesar 93% dan uji coba skala kecil sebesar 84,88%, (2) keterlaksanaan kegiatan pembelajaran menggunakan media pembelajaran Easy Physics berbasis website sebanyak tiga kali pertemuan termasuk pada kategori efektif dengan persentase rata-rata sebesar 84%, (3) terdapat peningkatan kemampuan berpikir komputasional berdasarkan analisis nilai N-Gain sebesar 0,60 dengan kategori sedang. Selain itu, hasil uji hipotesis menggunakan uji Wilcoxon menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000<0,05, dengan Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir komputasional peserta didik setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran menggunakan media pembelajaran Easy Physics berbasis website, dan (4) respon peserta didik terhadap penggunaan media pembelajaran Easy Physics berbasis website dalam kegiatan pembelajaran memperoleh persentase rata-rata sebesar 85% dengan kategori sangat baik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Easy Physics; GLB dan GLBB; Kemampuan Berpikir Komputasional; Website |
Subjects: | Education > General Publications of Education Education, Research Physics > General Publications of Physics Applied Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Rizki Hidayatulloh |
Date Deposited: | 09 Feb 2023 06:20 |
Last Modified: | 09 Feb 2023 06:20 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/64406 |
Actions (login required)
View Item |