Hubungan antara efektivitas penggunaan aplikasi EMIS dengan pendataan pendidikan pada Raudhatul Athfal di Kabupaten Sumedang

Hisan, Fabian Khairah (2022) Hubungan antara efektivitas penggunaan aplikasi EMIS dengan pendataan pendidikan pada Raudhatul Athfal di Kabupaten Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (357kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (667kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (848kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB) | Request a copy

Abstract

Penerapan Aplikasi Education Manajemen Information System (EMIS) memiliki urgensi yang begitu besar bagi lembaga, karena data yang dimasukkan menentukan suatu kebijakan terkait dana-dana pendidikan seperti Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Program Indonesia Pintar (PIP). Data-data yang tertera pada aplikasi EMIS juga sangat diperlukan dalam pengambilan kebijakan dan keputusan manajerial untuk mempertahankan mutu pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis: 1) efektivitas penggunaan aplikasi EMIS pada Raudhatul Athfal (RA) di Kabupaten Sumedang, 2) pendataan pendidikan pada Raudhatul Athfal (RA) di Kabupaten Sumedang, 3) hubungan antara efektivitas penggunaan aplikasi EMIS dan pendataan pendidikan pada Raudhatul Athfal (RA) di Kabupaten Sumedang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Teknik analisis data melalui uji instrumen, analisis statistik deskriptif, analisis korelasi, uji koefisien korelasi, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian diketahui Efektivitas Penggunaan Aplikasi EMIS pada Raudhatul Athfal di Kabupaten Sumedang memperoleh nilai rata-rata 3,79 yang berada kategori “Tinggi” karena berada pada rentang nilai 3,40 - 4,19. Pendataan Pendidikan pada Raudhatul Athfal di Kabupaten Sumedang memperoleh nilai rata-rata 3,53 yang berada kategori “Tinggi” karena berada pada rentang nilai 3,40 - 4,19. Efektivitas penggunaan aplikasi EMIS dengan pendataan pendidikan menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,000, yang berarti nilai signifikansi kurang dari 0,05 (0,000 < 0,05). Kemudian nilai pearson correlation sebesar 0,695 yang berada pada interval 0,61 - 0,80. Artinya tingkat hubungan antara penggunaan EMIS dengan pendataan pendidikan berada pada kategori “Korelasi Kuat”. Perhitungan uji koefisien determinasi (R2) memperoleh nilai sebesar 0,484. yang menunjukkan bahwa konstribusi dari efektivitas penggunaan aplikasi EMIS (X) terhadap pendataan pendidikan di RA (Y) adalah sebesar 48,4%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas; Aplikasi EMIS; Pendataan Pendidikan
Subjects: Education > Organization of Education
General Management > Education, Research of Management
General Management > Information Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Fabian Khairah Hisan
Date Deposited: 16 Feb 2023 00:48
Last Modified: 16 Feb 2023 00:48
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/64440

Actions (login required)

View Item View Item