Fitriany, Ersa (2023) Perbandingan kemampuan berhitung anak usia dini antara yang menggunakan media pohon angka dengan media kartu angka : Penelitian di kelompok B RA Al-Wafi Panyileukan Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (216kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (268kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (735kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (665kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (247kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (246kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan yang ada di RA Al-Wafi di kelompok B, mengenai kemampuan berhitung terdapat beberapa anak yang masih perlu dibantu oleh guru dalam berhitung. Hal tersebut menunjukkan anak perlu meningkatan kemampuan berhitung. Upaya guru dalam meningkatkan kemampuan berhitung dapat dilakukan dengan media pohon angka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) kemampuan berhitung anak usia dini di kelompok B RA Al-Wafi Panyileukan Kota Bandung yang menggunakan media pohon angka. 2) kemampuan berhitung anak usia dini di kelompok B RA Al-Wafi Panyileukan Kota Bandung dengan menggunakan media kartu angka. 3) perbandingan kemampuan berhitung anak usia dini antara media pohon angka dengan media kartu angka pada kelompok B RA Al-Wafi Panyileukan Kota Bandung. Bermain sangat penting bagi anak usia dini karena melalui bermain anak dapat mengembangkan aspek aspek perkembangan anak. Salah satu aspek perkembangan yang akan dikembangkan sejak usia dini dalam penelitian ini adalah aspek kognitif (kemampuan berhitung). Kemampuan berhitung anak usia dini, dapat meningkat dipengaruhi oleh beberapa media salah satunya yaitu dengan media pohon angka. Media pohon angka adalah media yang dapat membantu mempermudah guru dalam proses pembelajaran berhitung pada anak dan berpengaruh besar terhadap aspek perkembangan kognitif. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif metode kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelompok B RA Al-Wafi yang berjumlah 16 anak pada tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan berhitung pada anak usia dini di kelompok B yang menggunakan media pohon angka memperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 65,62 berkriteria Mulai Berkembang dan posttest sebesar 87,24 berkriteria Berkembang Sesuai Harapan. Sedangkan kemampuan berhitung pada anak usia dini yang menggunakan media kartu angka memperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 65,36 berkriteria Mulai Berkembang dan posttest sebesar 86,96 berkriteria Berkembang Sesuai Harapan. Uji hipotesis hasil posttest memperoleh nilai sig.2-tailed sebesar 0,001 yang menunjukan adanya perbedaan yang signifikan. Artinya, kemampuan berhitung pada anak usia dini di kelompok B RA Al-Wafi yang menggunakan media pohon angka lebih besar dari kemampuan berhitung pada anak usia dini di kelompok B RA Al-Wafi yang menggunakan media kartu
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | anak usia dini; kemampuan berhitung; pohon angka |
Subjects: | Education > Statistic of Education Elementary Education > Mathematics for Elementary Education Mathematics > Mathematicians |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | Ersa Fitriany |
Date Deposited: | 13 Feb 2023 06:01 |
Last Modified: | 13 Feb 2023 06:01 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/64443 |
Actions (login required)
View Item |