Penetapan tarif pemotongan pajak penghsilan pada Nisbah Deposito Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Buah Batu Bandung

Maki, Alwan Abdul (2016) Penetapan tarif pemotongan pajak penghsilan pada Nisbah Deposito Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Buah Batu Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (378kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img] Text
Daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)

Abstract

Produk Deposito di bank Syariah Mandiri merupakan salah satu produk simpanan berjangka waktu tertentu yang dikelola berdasarkan Prinsip Mudharabah Muthlaqoh, dimana dari Nisbah tersebut bank Syariah memberlakukan pemotongan pajak pada setiap bulannya yaitu 20 %, yang mengacu kepada Peraturan Pemerintah No 131 Tahun 2000 tentang pajak penghasilan atas bunga deposito dan tabungan serta diskonto Sertifikat BI, sedangkan Peraturan Pemerintah No 25 tahun 2009 tentang pajak penghasilan kegiatan usha berbasis syariah belum mencantumkan persentase pemotongan pajak atas nisbah deposito di Bank Syariah mandiri, pihak bank tetap mengacu kepada PP No 131 yang masih mengacu pajak penghasilan atas bunga Deposito. Dalam Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Mekanisme Pelaksanaan Penetapan Pajak Penghasilan Deposito di Bank Syariah Mandiri KCP buah batu Bandung (2) Dasar Hukum Penetapan Pajak Penghasilan pada Nisbah Deposito di Bank Syariah Mandiri KCP Buah Batu Bandung (3) Korelasi Peraturan Pemerintah No 131 Thn 2000 dengan Peraturan Pemerintah No 25 Thn 2009 pada Penetapan Pajak Penghasilan Nisbah Deposito di Bank Syariah Mandiri KCP Buah Batu Bandung Metode yang digunakan adalah metode deskriptif yakni metode penelitian yang diupayakan untuk mengamati permasalahan secara sistematis dan akurat dengan berdasarkan subjek atau objek penelitian. Sumber data primer adalah data yang menjadi sumber pokok dari data-data yang dikumpulkan. Sumber data Skunder adalah data-data lain yang menunjang data primer. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori yang diaplikasikan oleh ulama ushul fiqih yaitu Istishhab, istishhab adalah hukum terhadap sesuatu dengan keadaan yang ada sebelumnya, sampai adanya dalil untuk mengubah keadaan itu. Atau menjadikan hukum yang tetap dimasa yang lalu itu, tetap dipakai sampai sekarang, sampai ada dalil untuk mengubahnya. Mekanisme penetapan pajak penghasilan terhadap nisbah deposito yaitu bank wajib memotong Pajak Penghasilan atas bagi hasil dari deposito, tabungan dan bonus Sertifikat Wadiah Bank Indonesia sebesar 20% dari jumlah bruto dan bersifat pajak final. Dasar hukum yang digunakan oleh Bank Syariah Mandiri KCP Buah Batu Bandung dalam menetapkan pemotongan Pajak Penghasilan pada Nisbah Deposito yaitu menggunakan PP No 131 Tahun 2000 sebagai pelaksana dari Undang-undang No 17 Tahun 2000 tentang Pajak Penghasilan. Kedua PP tersebut memiliki hubungan yaitu sebagai Peraturan Pelaksana dari Undangundang No 17 Tahun 2000 dan Undang-undang No 36 Tahun 2008. PP No 25 Tahun 2009 membahas tentang Pajak Penghasilan Kegiatan Usaha Berbasis Syariah. Sedangkan, PP No 131 Tahun 2000 membahas tentang Bunga Deposito, Tabungan Serta Sertifikat Diskonto Bank Indonesia yang bersifat konvensional. Analisis berdasarkan teori istishhab, bank syariah diperbolehkan menggunakan PP No 131 Tahun 2000 sebagai acuan utama dalam pajak penghasilan, sebelum adanya PP baru yang mengatur Pajak penghasilan syariah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemotongan Pajak; Penghasilan; Nisbah Deposito; Bank Syariah Mandiri
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
Public Finance > Taxes and Taxation
Public Finance > Income Taxes
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: novella astri
Date Deposited: 13 Feb 2023 03:19
Last Modified: 13 Feb 2023 03:19
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/64450

Actions (login required)

View Item View Item