Pengembangan e-Modul praktikum virtual berbasis Higher Order Thinking Laboratory untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi Fluida statis

Hidayat, Muhammad Ramdani (2022) Pengembangan e-Modul praktikum virtual berbasis Higher Order Thinking Laboratory untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi Fluida statis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (517kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (557kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (653kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (913kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB) | Request a copy

Abstract

Tingkat keterampilan berpikir kreatif peserta didik di sekolah masih rendah, dan juga kegiatan pembelajaran di kelas masih belum menunjukkan keterampilan berpikir kreatif. Kegiatan pembelajaran masih menggunakan metode konvensional sehingga kegiatan pembelajaran cenderung berpusat pada guru dan juga media yang digunakan biasanya hanya papan tulis dan buku. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kelayakan e-modul praktikum virtual berbasis Higher Order Thinking Laboratory, keterlaksanaan kegiatan pembelajaran dan peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi fluida statis setelah menggunakan e-modul praktikum virtual berbasis Higher Order Thinking Laboratory. Metode yang digunakan dalam Penelitian ini adalah metode Reaserch and Development dengan pendekatan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Data hasil penelitian dianalisis dengan cara menghitung nilai persentase hasil uji validasi media, lembar keterlaksanaan pembelajaran, nilai N-Gain, dan uji hipotesis. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 32 orang yang merupakan peserta didik kelas XI MIPA 2 di MAN 1 Garut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul praktikum virtual berbasis Higher Order Thinking Laboratory sangat layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran dengan perolehan nilai persentase rata-rata uji validasi mencapai 92,95% dan nilai persentasi rata-rata dari uji coba skala kecil mencapai 88,83%. Pembelajaran menggunakan e-modul praktikum virtual berbasis Higher Order Thinking Laboratory dapat berjalan dengan baik dengan perolehan nilai persentasi rata-rata keterlaksanaan pembelajaran mencapai 85%. Hasil uji hipotesis menggunakan uji paired sample t-test memperoleh nilai t_hitung sebesar 19,2 dan t_tabel sebesar 2,0395 dengan taraf signifikansi 5%, sehingga nilai t_hitung lebih besar dari t_tabel yang artinya terdapat perbedaan keterampilan berpikir kreatif iswa sebelum dan setelah menggunakan e-modul praktikum virtual berbasis Higher Order Thinking Laboratory pada materi fluida statis. Peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik stelah menggunakan e-modul praktikum virtual berbasis Higher Order Thinking Laboratory termasuk dalam kategori sedang dengan nilai N-Gain sebesar 0,6.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: E-modul Praktikum; Fluida Statis; Keterampilan Berpikir Kreatif; Higher Order Thinking Laboratory
Subjects: Education
Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Muhammad Ramdani Hidayat
Date Deposited: 22 Feb 2023 10:25
Last Modified: 22 Feb 2023 10:25
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/64491

Actions (login required)

View Item View Item