Pemahaman siswa terhadap mata pelajaran fiqih materi shalat jum’at hubungannya dengan disiplin mereka melaksanakan shalat jum’at di sekolah : Penelitian pada siswa kelas VII SMP al-Islam Bandung

Riani, Riani (2016) Pemahaman siswa terhadap mata pelajaran fiqih materi shalat jum’at hubungannya dengan disiplin mereka melaksanakan shalat jum’at di sekolah : Penelitian pada siswa kelas VII SMP al-Islam Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
cover.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
daftar isi.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
bab 1.pdf

Download (391kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[img] Text (BAB III)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB)
[img] Text (BAB IV)
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada studi pendahuluan yang penulis lakukan terhadap siswa kelas VII SMP Al-Islam Bandung, diperoleh keterangan bahwasannya pemahaman mereka terhadap mata pelajaran Fiqih materi shalat Jum’at cukup baik. Akan tetapi masih terdapat siswa yang kurang disiplin dalam pelaksanaannya. Fenomena tersebut menunjukan adanya kesenjangan antara realitas dan idealitas. Sehingga timbul permasalahan bagaimana sebenarnya hubungan antara pemahaman siswa terhadap mata pelajaran Fiqih materi shalat Jum’at dengan disiplin mereka dalam melaksanakan shalat Jum’at di Sekolah. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui realitas pemahaman siswa terhadap mata pelajaran Fiqih materi shalat Jum’at, realitas disiplin siswa dalam melaksanakan shalat Jum’at di sekolah, dan realitas pemahaman siswa terhadap mata pelajaran Fiqih materi shalat Jum’at hubungannya dengan disiplin mereka melaksanakan shalat Jum’at di sekolah. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa kedisiplinan siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satu faktornya adalah pemahaman. Sehingga hipotesis yang diajukan adalah semakin baik pemahaman siswa pada mata pelajaran Fiqih materi shalat Jum’at, maka semakin baik pula disiplin dalam melaksanakan shalat Jum’at di sekolah, dan sebaliknya semakin rendah pemahaman siswa terhadap mata pelajaran Fiqih materi shalat Jum’at semakin rendah pula disiplin mereka dalam melaksanakan shalat Jum’at di sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, angket, wawancara, observasi dan studi kepustakaan. Jumlah populasi siswa sebanyak 40 orang. Teknik analisis data terbagi menjadi dua bagian, yaitu dengan menggunakan teknik logika untuk data kualitatif dan teknik statistic untuk data kuantitatif dengan menggunakan analisis persial perindikator dan analisis korelasional. Hasil analisis data menyatakan bahwa realitas pemahaman siswa terhadap mata pelajaran Fiqih materi shalat Jum’at (variabel X) termasuk kategori baik deagan skor rata-rata 70,8, angka tersebut berada pada interval 70-79. Realitas disiplin siswa dalam melaksanakan shalat Jum’at di sekolah (variabel Y) termasuk kategori baik dengan skor rata-rata 3,82. Angka tersebut berada pada interval antara 3,40-4,19. Realitas hubungan antara variabel X dan Y diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,98. Angka tersebut menunujukan korelasi sangat tinggi karena berada pada interval antara 0,80-1,00. Hipotesis alternative (Ha) diterima karena t hitung 30,35> t tabel 1,70. Derajat pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 81% dan 19% dipengaruhi faktor yang lain. Dengan demikian, terdapat hubungan antara pemahaman siswa terhadap mata pelajaran Fiqih materi shalat Jum’at dengan disiplin siswa dalam melaksanakan shalat Jum’at di sekolah

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Fiqih; Shalat Jumat; Siswa; Kedisiplinan
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Shalat, Sholat
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: novella astri
Date Deposited: 14 Feb 2023 01:42
Last Modified: 14 Feb 2023 01:42
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/64492

Actions (login required)

View Item View Item