Hubungan antara Self-esteem dengan Celebrity Worship pada remaja di komunitas K-Pop Bandung

Karman, Maryam Nahlah Mufidah (2016) Hubungan antara Self-esteem dengan Celebrity Worship pada remaja di komunitas K-Pop Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
cover.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
daftar isi.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (163kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari penemuan peneliti tentang demam idola yang sedang ramai hampir di seluruh dunia termasuk Indonesia, kemudian berdasarkan observasi peneliti terhadap remaja di komunitas k-pop Bandung terlihat adanya perilaku mengidolakan seseorang secara berlebihan. Fenomena ini menunjukan kecenderungan celebrity worship. Selain itu ditemukan juga perilaku seorang remaja perempuan yang merubah penampilannya menyerupai laki-laki. Fenomena ini menunjukan adanya perilaku yang berkaitan dengan self-esteem pada remaja Atas dasar fenomena yang telah dipaparkan, maka peneliti tertarik untuk melakukan suatu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan negatif antara self-esteem dengan celebrity worship pada remaja di komunitas k-pop Bandung. Rancangan yang digunakan adalah rancangan non eksperimental dengan metode korelasional. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 100 orang. Alat ukur yang digunakan adalah skala self-esteem (43 item) dan skala celebrity worship (29 item). Alat ukur ini berskala Likert, data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data interval dan pengolahan data menggunakan uji korelasi Product Moment Pearson. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 61 orang (61%) yang memiliki self-esteem tinggi, sebanyak 39 orang (39%) memiliki self-esteem rendah dan sebanyak 46 orang (46%) memiliki celebrity worhip tinggi, sebanyak 54 orang (54%) memiliki celebrity worship rendah. Berdasarkan hasil uji korelasi pearson r antara self-esteem dengan celebrity worship diperoleh Pvalue = 0,056 dengan α = 0,05 yang berarti Pvalue > α, dan hasil r = -0,160 > 0 maka H0 diterima dan H1 ditolak artinya tidak terdapat hubungan negatif antara self-esteem dengan celebrity worship pada remaja.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Self-esteem; Celebrity worship; Remaja
Subjects: Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: novella astri
Date Deposited: 14 Feb 2023 03:02
Last Modified: 14 Feb 2023 03:02
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/64499

Actions (login required)

View Item View Item