Hubungan supervisi klinis kepala Madrasah dengan kinerja guru di Madrasah Aliyah Negeri Se-Kabupaten Bandung

Martina, Elsa (2022) Hubungan supervisi klinis kepala Madrasah dengan kinerja guru di Madrasah Aliyah Negeri Se-Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (164kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy

Abstract

Kepala sekolah sebagai supervisor mempunyai tanggung jawab untuk peningkatan kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran di sekolah serta mempunyai peranan yang sangat penting terhadap pengembangan dan kemajuan sekolah. Oleh karena itu, ia harus melaksanakan supervisi klinis secara baik dan benar sesuai dengan prinsip-prinsip supervisi serta teknik dan pendekatan yang tepat. Pada umumnya belum semua guru mencapai target sesuai dengan yang diharapkan, dilihat dari hasil belajar siswa, masih ada siswa yang harus melakukan remedial dikarenakan nilainya yang masih belum mencapai KKM. Sedangkan supervisi yang terjadi belum terlaksana dengan ideal, supervisi terkesan hanya mencari-cari kesalahan dari guru tanpa bermaksud memberikan perbaikan terhadap kesalahan yang dilakukan oleh guru yang di supervisi. Sedangkan dalam kegiatan supervisi, pelaksana bukan mencari kesalahan akan tetapi lebih banyak mengandung unsur pembinaan agar pekerjaan yang diawasi diketahui kekurangannya untuk dapat diberi tahu bagaimana cara peningkatannya. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis supervisi klinis kepala madrasah di Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten Bandung; 2) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis kinerja guru madrasah di Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten Bandung; 3) Untuk menguji hipotesis hubungan supervisi klinis Kepala Madrasah dengan kinerja guru di Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian deskriptif korelasional. Teknik pengumpulan data berupa angket (kuesioner) yang disebar kepada 37 guru pada MAN di Kabupaten Bandung. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji instrumen data (validitas, reliabilitas, normalitas, dan linearitas), uji analisis data (uji koefisien korelasi dan uji koefisien determinasi). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Supervisi klinis kepala madrasah di Madrasah Aliyah Negeri Se-Kabupaten Bandung dinilai sangat baik pada rentang interval 4,20 – 5,00 dengan nilai rata-rata 4,22; 2) Kinerja guru di Madrasah Aliyah Negeri Se-Kabupaten Bandung dalam kategori sangat baik pada rentang 4,20 – 5,00 dengan nilai rata-rata 4,24; 3) Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai 0,000 < 0,05 dengan koefisien korelasi sebesar 0,920 yang berada pada interval 0,80 – 1,000, artinya berarti terdapat korelasi yang kuat antara supervisi klinis Kepala Madrasah dengan kinerja guru. Kemudian perhitungan pada koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,847 yang artinya terdapat kontribusi positif variabel X (supervisi klinis Kepala Madrasah) terhadap variabel Y (kinerja guru) sebesar 84,7%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Supervisi Klinis; Kinerja Guru
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Professional Qualifications of Teacher
Customs of People > Organization and Management
General Management > Education, Research of Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Elsa Martina
Date Deposited: 16 Feb 2023 03:49
Last Modified: 16 Feb 2023 03:49
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/64508

Actions (login required)

View Item View Item