Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak : Penelitian quasi eksperimen di kelas VII MTs Miftahul Falah Kota Bandung

Algifari, Muhammad Abduh (2022) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak : Penelitian quasi eksperimen di kelas VII MTs Miftahul Falah Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTARISI.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB1.pdf

Download (460kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (681kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (668kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTARPUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya masalah berdasarkan studi pendahuluan bahwa hasil belajar kognitif siswa berada dalam kategori kurang baik. Pembelajaran Akidah Akhlak masih dominan menggunakan model pembelajaran ceramah sehingga membuat siswa tidak aktif dalam pembelajaran, hal ini berakibat pada hasil belajar kognitif siswa yang tidak maksimal. Berdasarkan hal tersebut peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di kelas VII MTs Miftahul Falah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui (1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas VII MTs Miftahul Falah (2) Perbedaan hasil belajar kognitif siswa antara yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas VII MTs Miftahul Falah Kota Bandung. Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw adalah model pembelajaran dalam bentuk kelompok kecil yang terdiri dari 4-6 orang secara heterogen dan bekerja sama saling ketergantungan yang positif dan bertanggung jawab atas ketuntasan bagian materi pelajaran yang harus dipelajari dan menyampaikan materi tersebut kepada anggota kelompok yang lain. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimenta dengan Nonequivalent Control Group Desaign. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, wawancara dan studi dokumen. Analisis data pada penelitian ini menggunakan pendekatan logika untuk data kualitatif dan pendekatan statistika untuk data kuantitatif dengan teknik analisis statistika deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, uji N-Gain dan uji Mann-Whitney. Berdasarkan hasil analisi data dapat disimpulkan bahwa (1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran akidah akhlak di kelas VII berdasarkan dua kali observasi pada guru dan siswa mendapatkan kenaikan persentase, pada guru yang awalnya mendapat 87% menjadi 91% dan pada siswa yang awalnya 88% menjadi 97%, persentase tersebut masuk kedalam katagori baik. (2) Perbedaan hasil belajar kognitif siswa bisa dilihat dari rata-rata nilai posttest, untuk kelas eksperiment sebesar 83.67, sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol 69.79. Begitu juga dengan hasil uji mann-whitney yang memeperoleh hasil Asymp. sig. (2-tailed) 0.00 < 0.05, maka Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Jigsaw; Hisil Belajar kognitif
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Abduh Algifari
Date Deposited: 15 Feb 2023 03:05
Last Modified: 15 Feb 2023 03:05
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/64515

Actions (login required)

View Item View Item