Pengaruh Bokashi limbah kopi dengan pupuk kandang ayam terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman buncis tegak (Phaseolus Vulgaris L.) varietas Kenya

Insani, Nabila Fitri (2023) Pengaruh Bokashi limbah kopi dengan pupuk kandang ayam terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman buncis tegak (Phaseolus Vulgaris L.) varietas Kenya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (242kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB) | Request a copy

Abstract

Buncis Tegak (Phaseolus vulgaris L.) merupakan salah satu komoditas sayuran di Indonesia yang memiliki ragam manfaat dan memilki nilai ekonomi yang tinggi. Produksi buncis mengalami fluktuatif sehingga mempengaruhi harga pasar yang menjadi tidak stabil untuk meningkatkan produksi buncis dilakukan pemenuhan ketersediaan unsur hara yaitu dengan penggunaan pupuk. Penggunaan pupuk organik menjadi solusi alternatif dalam meningkatkan produktivitas tanaman buncis. Pupuk yang digunakan yaitu bokashi limbah kopi dan pupuk kandang ayam. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui interaksi antara dosis bokashi limbah kopi dengan dosis pupuk kandang ayam terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman buncis tegak varietas kenya dan mengetahui kombinasi dosis bokashi limbah kopi dengan dosis pupuk kandang ayam yang optimal terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman buncis tegak varietas Kenya. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juni hingga Oktober 2022 bertempat di Lahan Agroteknologi Kampus 2 UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Rancangan percobaan dalam penelitian ini yaitu Rancangan Acak Kelompok Pola Faktorial yang terdiri atas dua faktor, faktor pertama yaitu bokashi limbah kopi yang terdiri dari 4 taraf : 0 t ha-1, 5 t ha-1 , 10 t ha-1 dan 15 t ha-1 . Faktor kedua yaitu pupuk kandang ayam yang terdiri dari 3 taraf : 0 t ha-1, 5 t ha-1, dan 10 t ha-1. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada interaksi antara pemberian pupuk bokashi limbah kopi dengan pupuk kandang ayam. Pemberian bokashi limbah kopi dengan dosis 5 t ha-1 berpengaruh terhadap tinggi tanaman. Sedangkan pemberian pupuk kandang ayam dengan dosis 10 t ha-1 berpengaruh terhadap tinggi tanaman, jumlah dan bobot polong.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bokashi limbah kopi; Pupuk kandang ayam; Buncis Tegak; Pertumbuhan; Hasil tanaman
Subjects: Farm, Farming > General Publications of Agriculture
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Pertanian/Agroteknologi
Depositing User: Nabila Fitri Insani
Date Deposited: 27 Feb 2023 01:35
Last Modified: 27 Feb 2023 01:35
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/64573

Actions (login required)

View Item View Item