Konstruksi pemberitaan kasus pembunuhan mirna : Analisis Framing Kasus Pembunuhan Mirna di media online Okezone.com dan Kompas.com edisi januari 2016

Apriyani, Desi (2016) Konstruksi pemberitaan kasus pembunuhan mirna : Analisis Framing Kasus Pembunuhan Mirna di media online Okezone.com dan Kompas.com edisi januari 2016. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (183kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB)

Abstract

Kematian Wayan Mirna Salihin menjadi perhatian publik sejak 6 Januari 2016. Wanita berusia 27 tahun itu dinyatakan keracunan senyawa sianida yang terkandung dalam segelas es kopi Vietnam yang ia minum saat bertemu dua temannya yaitu Jessica Kumala Wongso dan Hani di Restoran Olivier, Grand Indonesia Jakarta. Realitas-realitas yang berkenaan dengan kasus pembunuhan Mirna menjadi latar belakang yang menarik untuk diteliti karena kasus tersebut menjadi salah satu kasus pembunuhan yang sangat menghebohkan di awal tahun 2016. Kasus ini kian menghangat tatkala polisi menetapkan teman Mirna, Jessica sebagai tersangka. Setiap hari sejak kasus kematian Mirna muncul di media pada Rabu 6 Januari 2016, semua lapisan masyarakat membicarakannya, terutama di ranah media sosial. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perbandingan frame (pembingkaian) Okezone.com dan Kompas.com dalam mengkonstruksi berita mengenai pemberitaan kasus pembunuhan Mirna edisi Januari 2016. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan metode analisis framing model Pan dan Kosicki untuk mengkonstruksikan bingkai (frame) pemberitaan mengenai kasus pembunuhan Mirna di media online Okezone.com dan Kompas.com edisi Januari 2016. Dengan model framing tersebut berita-berita terkait kasus pembunuhan Mirna dapat dianalisis dengan dikelompokkan dan diuraikan ke dalam empat struktur yaitu : (1)struktur sintaksis, (2) struktur skrip, (3) struktur tematik, (4) struktur retoris. Berdasarkan hasil analisis diketahui frame pemberitaan Okezone.com lebih menyoroti adanya kecurigaan terhadap Jessica sebagai pelaku dibalik kematian Mirna. Beberapa pemberitaan Okezone.com lebih banyak memberitakan hal negatif yang memojokan Jessica. Dalam hal ini Okezone cenderung tidak mengambil pernyataan dari pihak Jessica karena lebih fokus pada pernyataan Polisi dan opini penulis. Kompas.com pun membangun konstruksi berita mengenai kasus tersebut dengan menggambarkan adanya kecurigaan terhadap Jessica. Namun Kompas.com cenderung menghimpun berita secara berimbang dengan menghadirkan narasumber dari kedua belah pihak yaitu dari pihak Jessica dan pihak kepolisian. Dapat disimpulakan bahwa kedua media tersebut mempunyai kecenderungan mencurigai Jessica sebagai tersangka dalam kasus pembunuhan Mirna.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Konstruksi; Pemberitaan Mirna; Framing; Pan dan Kosicki
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: novella astri
Date Deposited: 20 Feb 2023 02:57
Last Modified: 20 Feb 2023 02:57
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/64612

Actions (login required)

View Item View Item