Fenomena korean pop terhadap perubahan perilaku sosial: Studi fenomenologi pada mahasiswa FISIP jurusan Sosiologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung angkatan 2018

Farwati, Leni Indah (2023) Fenomena korean pop terhadap perubahan perilaku sosial: Studi fenomenologi pada mahasiswa FISIP jurusan Sosiologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung angkatan 2018. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (187kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya fenomena Korean Wave yang mana salah satu aspek di dalamnya adalah Korean Pop. Sebagai seorang penggemar Korean Pop akan terdapat sebuah perubahan perilaku sosial baik itu disadari ataupun tidak disadari, seperti dalam hal hubungan interaksi, perubahan dalam kehidupan sehari-hari, perubahan dalam berpenampilan. Sebagai penggemar Korean Pop tidak terlepas dari dampak yang diterima yaitu menerima komentar-komentar buruk dari oranglain kepada penggemar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana fenomena Korean Pop dapat mempengaruhi perubahan kepribadian terkhusus pada mahasiswa jurusan sosiologi UIN SGD Bandung angkatan 2018, untuk mengetahui bagaimana hubungan antara mahasiwa penggemar Korean Pop di kalangan mahasiswa jurusan sosiologi UIN SGD Bandung angkatan 2018, dan untuk mengetahui bagaimana tindakan mereka sebagai penggemar Korean Pop terhadap komentar-komentar baik dan buruk yang diberikan kepada mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode penelitian fenomenologi. Teknik dari pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan cara wawancara, observasi dan kajian pustaka. Hasil dari penelitian ini yakni bahwa awal mula mahasiswa menggemari Korean Pop dilatarbelakangi oleh lingkungan dan personal. Personalitas dari kegiatan keseharian mahasiswa tersebut menikmati karya-karya yang di hasilkan oleh para idol, menambah wawasan mereka dengan memanfaatkan media sosial sebagai sarana pembelajaran mengenai budaya, bahasa Korea seperti kosa kata- kosa kata, dalam berpenampilan mereka jadi memiliki sebuah inspirasi. Dalam cara mereka berinteraksi dan berkomunikasi terselipkan sebuah simbol-simbol kosa bahasa Korea. Mengenai pemberian tanggapan terhadap komentar-komnetar buruk yang mereka terima, mereka lebih memilih mendiamkannya dan tidak menggubris apa yang orang tidak sukai kepada mereka, karena selama hal yang mereka sukai tidak mengganggu dan tidak merugikan orang lain maka hal tersebut tidak menjadi sebuah masalah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Fenomena; Korean pop; Perubahan perilaku sosial;
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Culture and Institutions
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Leni Indah Farwati
Date Deposited: 21 Feb 2023 04:55
Last Modified: 21 Feb 2023 04:55
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/64631

Actions (login required)

View Item View Item