Pengaruh tingkat pemahaman guru PAI terhadap aplikasi Sistem Informasi Dan Administrasi Guru Agama (SIAGA) : Penelitian di SMA Negeri se-Kabupaten Bandung

Abdullah, Fahmi Azkia (2022) Pengaruh tingkat pemahaman guru PAI terhadap aplikasi Sistem Informasi Dan Administrasi Guru Agama (SIAGA) : Penelitian di SMA Negeri se-Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (cover)
1_cover.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
2_abstrak.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar isi)
3_daftar isi.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
4_bab 1.pdf

Download (205kB) | Preview
[img] Text (bab 2)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB) | Request a copy
[img] Text (bab 3)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy
[img] Text (bab 4)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB) | Request a copy
[img] Text (bab 5)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB) | Request a copy
[img] Text (daftar pustaka)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy

Abstract

Setiap manusia pada dasarnya memiliki tingkat pemahaman yang berbeda-beda, begitupun dengan guru masih banyak yang belum memahami akan sistem yang digunakan oleh pemerintah untuk guru agama melalui aplikasi SIAGA. Aplikasi SIAGA merupakan sebuah aplikasi untuk memvalidasi serta memverifikasi data para guru agama serta pengawas sekolah berbasis online. Dengan adanya sistem informasi berupa Aplikasi SIAGA, maka akan mempermudah pelayanan administrasi kantor, yang mana pelayanan administrasi ini dapat memberikan bantuan dan kemudahan kepada masyakarat yang memiliki kepentingan dalam organisasi. Kendala yang terjadi dalam pengunaan SIAGA ini yaitu pengguna belum mengerti dengan baik bagaimana mengurus data salah satunya untuk pencairan sertifikasi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan Tingkat Pemahaman Guru PAI di SMA Negeri se-Kabupaten Bandung, untuk menggambarkan SIAGA di SMA Negeri se-Kabupaten Bandung, dan untuk menganalisis tingkat pemamahaman guru pai terhadap aplikasi SIAGA di SMA Negeri se-Kabupaten Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan metode deskriptif untuk menghasilkan data pada penelitian ini denan cara menyebarkan angket ke 38 orang Guru PAI pada 18 Sekolah di Kabupaten Bandung. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan uji instrumen data (validitas, reabilitas dan normalitas), uji analisis data (uji regresi linear sederhana dan uji koefisien determinasi) Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) penelitian variabel tingkat pemahaman guru pai berdasarkan hasil analisis statistik yang diperoleh dengan nilai rata-rata sebesar 3,31 yang dikategorikan sedang/cukup. (2) pada penggunaan aplikasi SIAGA berdasarkan hasil analisis statistik yang diperoleh dengan nilai rata-rata sebesar 3,36 yang dikategorikan sedang/cukup. (3) pengaruh Tingkat pemahaman guru PAI terhdap aplikasi SIAGA di SMA Negeri se-kabupaten Bandung mempunyai hubungan yang signifikan. Dengan nilai signifikansi 0.00 < 0.05. kemudian pada perhitungan hasil anlisis regresi linier sederhana diperoleh 0,733. Jenis hubungan antara kedua variabel tersebut berjenis positif, sehingga hubungan kedua variabel tersebut searah dan memiliki makna bahwa semakin tinggi tingkat pemahaman guru pai maka semakin tinggi juga penggunaan aplikasi SIAGA. Selanjutnya diperoleh hasil koefisien determinasi sebesar 0.823 yang berarti bahwa kontribusi variabel tingkat pemahaman guru pai terhadap aplikasi SIAGA sebesar 82,3%

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Pemahaman Guru PAI; Aplikasi Sistem Informasi Dan Administrasi Guru Agama (SIAGA)
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Fahmi Azkia Abdullah
Date Deposited: 23 Feb 2023 01:18
Last Modified: 23 Feb 2023 01:18
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/64633

Actions (login required)

View Item View Item