Peran kelompok Wanita Tani dalam kesejahteraan keluarga : Studi deskriptif kelompok Wanita Tani Melati Desa Kalijurang Kecamatan Tonjong Kabupaten Brebes

Izzati, Qisti (2021) Peran kelompok Wanita Tani dalam kesejahteraan keluarga : Studi deskriptif kelompok Wanita Tani Melati Desa Kalijurang Kecamatan Tonjong Kabupaten Brebes. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (553kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (352kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (588kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB) | Request a copy

Abstract

Kemiskinan adalah masalah sosial yang dari dulu sangat sulit untuk ditangani ataupun diselesaikan namun ada salah satu cara untuk meminimalisirnya, yaitu salah satunya dengan pemberdayaan, pemberdayaan dimaksudkan untuk mengembangkan kemampuan masyarakat agar dapat lebih mandiri baik secara sosial, keterampilan, ekonomi dan juga politik yang nantinya akan dapat meningkatkan taraf hidupnya. Peran perempuan baik dalam keluarga maupun kelompok masyarakat harus didukung guna menciptakan suatu pembangunan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat yang sejahtera. Adanya kelompok wanita tani (KWT) ini di bentuk dari aspirasi para kaum perempuan yang memiliki keahlian dalam bertani dan menginginkan wadah untuk mereka berkumpul sehingga menjadi alternatif untuk memberdayakan perempuan dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pemberdayaan yang dilakukan KWT dalam upaya peningkatan kesejahteraan ekonomi keluarga, mengetahui program-program yang dilaksanakan KWT dalam upaya peningkatan kesejahteraan keluarga, dan bagaimana hasil pemberdayaan serta program-program KWT tersebut terhadap kesejahteraan keluarga di Desa Kalijurang. Sedangkan metode yang digunakan adalah metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan dan memberi penjelasan serta metode studi kasus untuk melakukan analisis mengenai kasus dengan teliti dan lengkap kepada beberapa informan yang tergabung dalam Kelompok Wanita Tani (KWT) dalam membantu peningkatan kesejahteraan keluarga. Pengumpulan data primer dilakukan melalui wawancara dan observasi, dan data sekunder melalui studi kepustakaan. Analisis data menggunakan tiga tahapan, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kelompok Wanita Tani (KWT) Melatu terlibat aktif dalam pengembangan ekonomi masyarakat dengan strategi pemberdayaan melalui proses yang berkesinambungan dengan melibatkan anggota kelompok dengan beberapa pihak lainnya yang menghasilkan sebuah kesadaran mandiri sehingga membuat perempuan berdaya dengan memiliki kemandirian dan ketrampilan dalam ketahanan pangan untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi keluarga.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: peran; kelompok wanita tani; pemberdayaan kesejahteraan keluarga;
Subjects: Relationship of Libraries > Relationship with the Community
Communities > Community Sociology
Production, Industrial Economics > Economic Development and Growth
Farm, Farming > Education, Research, Related Topics of Agriculture
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Qisti Izzati
Date Deposited: 22 Feb 2023 00:37
Last Modified: 22 Feb 2023 00:37
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/64639

Actions (login required)

View Item View Item